Inilah 3 Umpan Jitu untuk Mancing Ikan Bandeng Liar

Memancing ikan bandeng seringkali menimbulkan sensasi tersendiri yang mengasyikkan. Apalagi jika ikan bandeng yang akan dipancing merupakan ikan liar yang hidup di lingkungan perairan payau, tentu tantangannya pun akan bertambah besar. Namun di situlah letak kesenangan dari aktifitas memancing yakni ketika kita berhasil mendapatkan ikan bandeng yang berukuran jumbo di perairan yang sulit dijangkau.

umpan-mancing-ikan-bandeng.jpg

Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan air tawar yang dikenal sebagai ikan konsumsi. Daging ikan bandeng memiliki citarasa gurih dengan tekstur yang begitu lembut. Tidak heran banyak sekali olahan yang dibuat menggunakan bahan dasar ikan bandeng seperti bandeng presto, pepes bandeng, bandeng bakar bambu, bandeng tanpa duri, dan lain-lain.

Sama seperti ikan bawal, ikan bandeng umumnya lebih tertarik memangsa umpan yang beraroma menyengat dan berada sekitar 15 cm di bawah permukaan air. Ikan ini juga memiliki kebiasaan mulai memakan pakan yang diberikan kepadanya saat pagi dan sore hari. Sedangkan ketika siang hari, ikan bandeng lebih memilih untuk berdiam diri karena temperatur air yang naik.

Disarankan memancing ikan bandeng memakai joran yang memiliki ukuran berkisar antara 150-180 cm dan dilengkapi senar yang berkekuatan 3-18 lbs. Untuk pilihan reelnya, ambil mulai dari seri 1000-4000 dengan line berupa monofilament PE1 atau PE2. Sedangkan untuk kailnya, pilih ukuran nomor 3 dan 4 yang berdiameter sekitar 7-7,5 mm mengingat bukaan mulut ikan bandeng tidak terlalu lebar.

Lantas, apa saja sih umpan yang cocok digunakan untuk memancing ikan bandeng?

1. Roti dan Terasi

Roti dikenal sebagai umpan yang cukup ampuh untuk memancing ikan, termasuk ikan bandeng. Anda bisa menggunakan roti bagian pinggiran roti tawar agar tidak mudah hancur ketika ditenggelamkan ke air. Potong roti tersebut sedikit saja, lalu olesi dengan terasi secukupnya. Niscaya umpan ini bakal langsung disambar oleh ikan bandeng yang Anda incar.

2. Pelet Ikan dan Telur Ayam

Ikan mana yang mau menolak umpan berupa pelet yang notabene sudah diramu untuknya? Apalagi jika umpan tersebut ditambahi telur ayam yang berbau amis dan menyengat, sudah pasti Anda bakal cepat mendapatkan ikan bandeng. Cara membuatnya, campurkan pelet ikan koi dan isi telur ayam ke dalam sebuah wadah, kemudian uleni hingga merata. Apabila tekstur adonan terlalu kasar, Anda bisa menambahkan air hangat untuk sedikit mengencerkannya. Sekarang umpan berbahan pelet dan telur ayam ini pun sudah mulai bisa digunakan.

3. Ursal dan Pelet Ikan

Ursal merupakan suatu ramuan yang biasa digunakan oleh para petani untuk meningkatkan nafsu makan ikan-ikan bandeng peliharaannya. Jadi Anda juga bisa memanfaatkan ursal untuk membuat ikan bandeng liar lebih agresif dalam mencari makan dan menggondol kail Anda. Sedangkan untuk umpan yang dipasang di kail pancing, kami merekomendasikan pelet ikan yang memang sangat disukai oleh ikan bandeng.

2 Responses to "Inilah 3 Umpan Jitu untuk Mancing Ikan Bandeng Liar"

  1. untuk umpan bandeng sih sebenarnya ada banyak... tidak hanya pelet saja... saya pakai lumut halus pun makan.. cuma kalau pakai lumut alus.. atau lumut sawah wajib yang besar atau babon yang makan... atau diatas 3 kg an.... bandeng yang memakan pelet biasanya lebih galak dibawah 1 kg yang makan......

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya. an mau coba mancing bandeng nih. mudah-mudahan sukses

    BalasHapus