Rekomendasi, 8 Makanan Ikan Arwana agar Cepat Besar

Ikan arwana dikenal sebagai ikan peliharaan yang memiliki pesona tubuh begitu indah. Daya tarik utama dari ikan ini terletak pada warna sisiknya yang cerah dan mengkilap. Pergerakan ikan arwana yang gemulai juga menimbulkan kesan elegan.

Tidak heran, banyak sekali para penghobi yang lantas tertarik dengan ikan hias yang mahal ini. Meskipun begitu, ikan arwana perlu betul-betul dirawat supaya keindahannya terpancar optimal. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan yaitu makanan ikan arwana yang dapat mempengaruhi langsung terhadap kesehatan dan keindahan ikan arwana peliharaan Anda.

makanan-ikan-arwana.jpg

Di bawah ini 8 makanan ikan arwana yang paling kami rekomendasikan karena terbukti bagus untuk mendukung pertumbuhannya!

1. Jangkrik

Jangkrik sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan gizi ikan arwana karena mengandung nutrisi yang lengkap. Karena mempunyai kandungan beta caroten, ikan yang diberi pakan jangkrik akan memiliki warna yang cerah. Oleh karenanya, Anda bisa menjadikan jangkrik sebagai makanan pokok ikan arwana. Namun jangan lupa untuk membuang seluruh kakinya yang tajam terlebih dahulu agar jangkrik tidak melukai sistem pencernaan ikan arwana kesayangan Anda.

2. Udang

Selain jangkrik, pakan yang juga bisa mencerahkan warna ikan arwana ialah udang. Anda bisa memberikan udang hidup atau udang beku karena ikan peliharaan Anda tidak begitu mempermasalahkannya. Cuma sebaiknya buang dulu bagian sungut udang tersebut karena tajam. Makanan berupa udang ini juga hendaknya tidak diberikan terlalu sering sebab kebiasaan udang yang selalu berada di dasar akuarium dapat mengakibatkan mata ikan arwana menjadi juling.

3. Kelabang

Makanan yang sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan ikan arwana selanjutnya adalah kelabang. Yap, binatang berkaki banyak ini ternyata juga bisa meningkatkan kecerahan warna pada tubuh ikan arwana. Mungkin karena daging kelabang terasa begitu lezat bagi ikan arwana, ikan yang terlalu banyak diberikan kelabang enggan menyentuh pakan yang lainnya. Jadi gunakan kelabang sebagai umpan selingan saja.

4. Anakan Ikan Mas

Untuk mendorong ikan arwana bergerak aktif dan tidak malas-malasan, Anda bisa memasukkan ikan mas anakan ke dalam akuarium. Biarkan ikan arwana menangkap sendiri mangsanya. Beberapa penghobi berpendapat ikan mas yang terjangkit penyakit bisa menularkan penyakitnya tersebut ke ikan arwana. Jadi pastikan anakan ikan mas yang Anda pilih kondisinya benar-benar sehat dan berikan hanya seminggu sekali.

5. Cacing Darah

Cacing darah dikenal sebagai makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan ikan peliharaan, termasuk ikan arwana. Anda bisa memanfaatkan pakan ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada anakan ikan arwana yang berukuran sekitar 5-8 cm. Cacing darah bisa didapatkan dengan mudah di got-got saluran air atau membelinya langsung di toko ikan hias. Anda bisa menempatkan ikan tersebut ke dalam freezer supaya usia pakainya lebih lama.

6. Katak

Katak mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi. Sehingga memberikannya kepada ikan arwana bisa berdampak positif bagi postur ikan tersebut. Sayangnya, pemberian daging katak yang berlebihan bakal membuat warna ikan arwana tampak pucat.

7. Cicak

Satu lagi makanan yang boleh diberikan ke ikan arwana yaitu cicak. Daripada banyak cicak yang merayap di dinding dan menciptakan kesan jorok, mengapa tidak mengumpankannya saja ke ikan arwana. Tetapi beberapa ikan arwana tidak doyan dengan daging cicak ini sehingga Anda perlu mencobanya terlebih dahulu.

7. Kecoa

Sama seperti cicak, pemberian umpan kecoa juga perlu diujicoba dulu mengingat tidak semua ikan arwana mau memakannya. Namun di balik tampilan kecoa yang menjijikkan, ternyata terkandung gizi yang cukup tinggi khususnya protein. Bahkan konon kecoa juga dapat meningkatkan nafsu makan ikan arwana kesayangan Anda.

8. Pelet

Seperti kita ketahui, pelet merupakan makanan ikan buatan yang telah diramu secara khusus. Oleh karena itu, kandungan nutrisinya pun lengkap dan seimbang. Walaupun ikan arwana lebih menyenangi pakan yang hidup, tapi tidak ada salahnya kalau sesekali Anda memberikan pakan berupa pelet ini.

2 Responses to "Rekomendasi, 8 Makanan Ikan Arwana agar Cepat Besar"

  1. CJ AQUATIC



    ikan arwana jardini itu klo di kasi makanan ciciak bner gak bisa mempengaruhi warna ?

    BalasHapus