9 Tips Memancing Ikan Belanak yang Jitu

Butuh tips yang jitu untuk memancing ikan belanak? Di kalangan mancing mania, ikan belanak dikenal cukup sulit dipancing lantaran senang hidup secara bergerombol. Habitat ikan ini juga biasanya terletak di lingkungan perairan muara sungai yang mempunyai deburan ombak cukup kuat. Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian tersendiri untuk dapat menangkap ikan ini dengan mata kail.

Spot yang paling tepat untuk memancing ikan belanak adalah area sungai yang berdekatan dengan muara. Ketika sudah menemukan titik yang dianggap ada ikan belanaknya, Anda tidak perlu bersusah-payah lagi mencari daerah yang lain. Sebab ikan ini akan selalu bergerombol. Jadi kemungkinan besar letak ikan belanak yang satu selalu berdekatan dengan ikan-ikan belanak lainnya.

tips-memancing-ikan-belanak.jpg

Di bawah ini tips-tips yang bisa Anda coba untuk memancing ikan belanak agar hasilnya memuaskan!

1. Penyesuaian Terhadap Kondisi Spot

Setelah Anda menemukan letak pemancingan yang dirasa paling ideal, perhatikan kondisinya. Biasanya ikan belanak aktif mencari makanan ketika perairannya jernih. Tetapi jika air tampak keruh, Anda bisa membuat ikan aktif dengan cara memberikan umpan yang beraroma kuat sehingga tidak kalah dengan bau lumpur. Usahakan pula umpan tersebut dilemparkan ke spot yang tidak terlalu dalam.

2. Pemilihan Umpan yang Variatif

Ikan belanak terbilang ikan yang doyan makan. Namun untuk membuatnya selalu merasa penasaran coba gunakanlah umpan yang bervariasi. Kami pernah menyarankan beberapa resep umpan ikan belanak di sini. Jangan sungkan untuk mencoba umpan tersebut satu per satu agar Anda bisa mengetahui umpan mana yang paling jitu.

3. Pakai Joran Medium-Low Action

Untuk mendapatkan ikan belanak, paling pas bila kita menggunakan joran yang bertipe medium-low action. Apa sebabnya? Karakteristiknya yang lentur memungkinkan kita dapat mengetahui kalau umpan sudah disambar ikan belanak dengan mudah. Contoh-contoh joran yang termasuk dalam kategori ini yaitu joran tegek, joran spinning, dan joran teleskopik.

4. Gunakan Senar Berdiameter 0,18-0,22

Senar yang memiliki diameter 0,18 hingga 0,22 mempermudah kita dalam mendeteksi apakah umpan sudah dimakan ikan belanak atau belum. Jadi pastikan Anda menggunakan sinar yang ukuran diameternya ada di kisaran ini. Hindari memakai senar yang besar karena mudah terbawa arus air sehingga posisinya sulit diatur supaya tetap tegak.

5. Pasang Reel Ukuran 2000-4000

Anda tidak harus memasang reel saat ingin memancing ikan belanak. Hal ini tergantung selera saja, apakah Anda memakai tegek atau reel. Jika Anda menggunakannya, disarankan pilihlah reel yang berukuran 2000 sampai 4000.

6. Manfaatkan Kail Nomor 4, 5, 6, atau 7

Biasanya masing-masing produsen kail mempunyai standar tersembunyi dalam menentukan ukuran nomor kail buatannya. Nah, untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa kail nomor 4, 5, 6, dan 7. Pemilihan kail juga perlu disesuaikan dengan perkiraan ukuran rata-rata ikan belanak di spot.

7. Lengkapi dengan Timah yang Berbobot 20-35 gram

Mengingat habitat ikan belanak terletak di muara sungai yang beraliran deras, wajib hukumnya melengkapi mata pancing kita dengan timah. Sehingga posisi umpan pun bisa lebih bertahan di tempatnya dan tidak terbawa arus. Kami merekomendasikan pakailah timah yang bobotnya cukup berat sekita 20 hingga 25 gram untuk perairan berarus sedang dan timah seberat 30-35 gram untuk perairan berarus kuat. Ingat, tidak usah memasang pelampung ya.

8. Rangkaian Pancing dengan Kail Ombyok

Paling pas jika memancing ikan belanak menggunakan rangkaian pancing dengan kail ombyok. Reel bisa dilengkapi dengan 6-7 kail sekaligus, sedangkan tegek dapat dipasangi 12-13 mata kail. Sesuaikan ukuran kail dengan umpan yang digunakan.

9. Terapkan Teknik Memancing yang Tepat

Lemparkan umpan di satu titik yang Anda anggap ada ikan belanaknya dan jangan berpindah-pindah untuk beberapa lama. Setelah Anda mendapatkan strike untuk pertamakali berarti sudah dipastikan banyak ikan belanak yang terdapat di titik tersebut. Usahakan jarak lemparan kail sekitar 30-40 persen dari lebar sungai. Sebelum kail dilemparkan, cobalah untuk melemparkan umpan terlebih dahulu agar ikan-ikan belanak berkumpul.

0 Response to "9 Tips Memancing Ikan Belanak yang Jitu"

Posting Komentar