6 Pilihan Umpan Mancing Ikan Gabus Liar

Apa sajakah pilihan umpan yang bisa dipakai untuk mancing ikan gabus liar? Ikan gabus (Channa striata) ialah ikan air tawar yang tergolong dalam famili Channidae. Ini merupakan ikan predator yang biasanya hidup di sungai, parit, sawah, kanal, rawa-rawa, dan danau. Di beberapa daerah di Indonesia, ikan gabus dikenal pula sebagai kutuk, kabos, bocek, haruan, bogo, kocolan, bayong, licingan, dan sebagainya. Sedangkan orang-orang di luar negeri kerap menyebutnya dengan snakehead fish karena mukanya tampak seperti ular.

Soal memancing ikan gabus, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa mendapatkan ikan ini. Hal tersebut dikarenakan gabus termasuk ikan yang rakus dengan makanan. Namun karena pengarainya yang pasif, diperlukan trik tersendiri agar ikan ini tertarik untuk menyambar umpan yang Anda berikan. Selain dagingya yang terasa gurih dan berkhasiat bagi kesehatan, kebanyakan para pemancing memburu ikan ini lantaran sensasi tarikannya yang sulit dilupakan, terutama untuk ikan air tawar.

umpan-mancing-ikan-gabus.jpg

Di bawa ini 6 rekomendasi umpan mancing ikan gabus liar yang kami anjurkan!

1. Katak

Katak merupakan makanan yang paling disukai ikan gabus, khususnya katak yang masih berekor. Cara memasangnya, kaitkan ekor katak tadi pada mata kail dan pastikan ikatannya cukup kuat. Usahakan menggunakan katak yang masih hidup, sebab jika kondisinya sudah mati, maka ikan gabus akan kurang tertarik menerkamnya.

2. Belalang

Belalang yang banyak ditemukan di lingkungan persawahan bisa Anda pakai untuk umpan mancing juga lho. Tangkap belalang yang ukurannya cukup besar sehingga ikan bakal lebih tergoda dengannya. Kemudian pasang kail pada sekujur tubuh belalang tadi, mulai dari ekor hingga kepalanya.

3. Ulat Daun Pisang

Sudah menjadi rahasia umum kalau mayoritas ikan air tawar suka sekali dengan ulat daun pisang. Begitu juga dengan ikan gabus ini. Bahkan penggunaan umpan berupa ulat daun pisang diklaim mampu meningkatkan potensi keberhasilan kita dalam memperoleh ikan ini. Sama seperti umpan sebelumnya, pasang kail pada seluruh tubuh ulat tersebut sehingga kaitannya akan semakin kuat.

4. Cacing Tanah

Anda juga bisa mengandalkan cacing tanah sebagai senjata utama untuk menarik perhatian ikan gabus. Apalagi bau amis yang cukup menyengat pada umpan ini tentu mampu menarik perhatian ikan untuk melahapnya sesegera mungkin. Ikatkan cacing tanah tersebut pada kail pancing Anda dengan posisi sedemikian rupa serta ukuran yang pas.

5. Jangkrik

Anda punya beberapa ekor jangkrik di rumah sebagai makanan burung? Kebetulan nih, kenapa tidak menggunakannya sebagai umpan ikan gabus saja. Ternyata jangkrik pun sangat bisa dipakai untuk memancing ikan ini. Beberapa orang juga mengaku kalau jangkrik merupakan salah satu umpan yang terbaik untuk ikan gabus.

6. Ikan Wader

Ukurannya yang lebih kecil menyebabkan ikan wader menjadi sasaran mangsa yang empuk bagi ikan gabus. Dalam penggunaannya sebagai umpan, kail dipasang tepat di punggung ikan wader sehingga ikan tetap hidup. Hati-hati saat menusukkan mata kail sebab jika ikan wader sampai mati bakalan tidak disambar oleh si gabus.

0 Response to "6 Pilihan Umpan Mancing Ikan Gabus Liar"

Posting Komentar