Mancing Ikan Kerapu di Muara, Begini Caranya!

Bagaimana caranya memancing ikan kerapu di muara? Kerapu adalah ikan air laut yang termasuk ke dalam keluarga Serranidae. Ikan ini biasa dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi karena memiliki daging yang gurih dengan tekstur yang agak keras.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangkap ikan kerapu. Selain menggunakan jala, Anda pun bisa memancingnya langsung. Bahkan aktivitas memancing ikan kerapu ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi saat ikan ini tengah menggondol mata kail, sensasi tarikannya pun luar biasa!

Ikan kerapu umumnya banyak ditemukan di perairan yang berkarang. Karakteristiknya yaitu cenderung pendiam, bersifat teritorial, dan jarang sekali pergi berburu. Ikan kerapu hanya akan keluar dari tempat persembunyiannya ketika ia tengah merasa lapar.

cara-mancing-ikan-kerapu.jpg

Nah, berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda terapkan untuk mancing ikan kerapu :

1. Penentuan Spot Pemancingan

Seperti yang sudah kami singgung di atas, habitat alami ikan kerapu adalah lingkungan perairan yang mempunyai batu-batu karang. Jadi sebaiknya Anda memancing ikan ini di daerah pantai yang berkarang atau dilengkapi rumpon buatan. Misalnya seperti di daerah muara atau dermaga. Sebisa mungkin hindari memancing terlalu ke tengah lautan atau pantai yang hanya berpasir jika ingin mendapatkan ikan ini.

2. Pemakaian Umpan yang Menggoda

Kerapu merupakan ikan karnivora. Artinya Anda hanya bisa mengandalkan umpan mancing yang berjenis daging-dagingan untuk menarik perhatian ikan ini. Disarankan untuk menggunakan umpan berupa irisan cumi-cumi, udang, atau ikan tongkol sebab ketiganya mempunyai bau amis yang menyengat sehingga mampu menggoda kerapu yang bersifat pasif ini. Sedangkan untuk umpan hidup, coba pakailah udang, ikan selar, atau ikan jenaha yang masih kecil.

3. Penerapan Teknik Mancing yang Tepat

Kebanyakan para pemancing mengaplikasikan teknik casting untuk memancing ikan kerapu. Setelah menentukan lokasi yang paling ideal, para pemancing akan tetap berada di tepi pantai yang berkarang. Tantangan muncul saat terjadi strike, di mana ikan kerapu mempunyai tenaga yang cukup kuat dan bentuknya yang membulat bakal terasa sangat berat saat ditarik. Bahkan apabila ikan tersebut berhasil menggondol umpan dan membawanya ke dalam karang, tak jarang kita terpaksa harus merelakannya karena menarik kail yang berada di karang mengandung risiko yang tinggi. Oleh karena itu, detik-detik awal saat terjadi strike bakal sangat menentukan kesuksesan Anda untuk dapat menarik ikan kerapu.

0 Response to "Mancing Ikan Kerapu di Muara, Begini Caranya!"

Posting Komentar