4 Ciri-ciri Ikan Oscar yang Bagus

Apakah ciri-ciri ikan oscar yang bagus? Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memelihara ikan oscar, baik sebagai hobi maupun bisnis. Ikan ini diklaim merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai keindahan tersendiri. Perawatan ikan oscar juga terbilang cukup mudah. Anda bisa memasukkannya ke dalam akuarium yang dilengkapi aerator.

Proses pemilihan ikan oscar sebenarnya tidak terlalu sulit. Ikan oscar yang bagus mempunyai ciri-ciri fisik, perangai, dan kecenderungan yang tampak berbeda daripada ikan kebanyakan. Dengan memilih ikan oscar yang bermutu unggul diharapkan ikan tersebut dapat dipelihara lebih mudah serta mampu melahirkan benih-benih yang memiliki kualitas bagus. Lantas, hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan oscar?

ciri-ciri-ikan-oscar.jpg

Berikut ini ciri-ciri yang menentukan bagus buruknya seekor ikan oscar, antara lain :

  1. Perilaku

Perilaku ikan oscar yang sehat ditunjukkan dengan pergerakannya yang aktif. Ikan tampak agresif, responsif terhadap makanan, dan hilir mudik ke seluruh sudut akuarium. Ikan oscar tidak diam, tidak menyendiri, atau tidak menjauhi ikan-ikan oscar lainnya. Saat dimasukkan ke dalam kolam yang berarus, ikan cenderung akan berenang melawan arus serta tidak hanyut terbawa oleh arus.

  1. Fisik

Pilih ikan oscar yang tidak mengalami cacat, mempunyai anggota tubuh yang lengkap, dan kondisinya sehat. Amati seluruh tubuh ikan tersebut untuk mencari kemungkinan adanya tanda-tanda penyakit seperti bintik-bintik, jamur, memar, atau lendir yang berlebihan. Perhatikanlah dengan seksama mulai dari bagian mata, sirip, badan, sampai lubang genital. Hindari membeli ikan oscar yang tidak normal karena gampang mati.

  1. Keindahan

Ikan oscar lumrahnya dipelihara sebagai ikan hias. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan faktor keindahan dalam pemilihannya. Ikan yang bagus memiliki asal usul yang jelas, murni, dan tidak tercampur dengan varietas lainnya. Misalnya benih ikan tiger oscar harus berasal dari kedua indukan yang sama-sama merupakan tiger oscar, bukan ikan albino oscar atau ikan red oscar. Ikan oscar yang dipilih juga sebaiknya memiliki warna yang tegas dan cerah. Barulah kemudian Anda bisa memperhatikan corak yang terbentuk dari susunan warna-warna tersebut.

  1. Keseragaman

Sebagai ikan karnivora, ikan oscar memiliki sifat yang sangat agresif. Tak jarang ikan ini menyerang kawanannya yang berukuran lebih kecil. Untuk meminimalisir potensi terjadinya kejadian yang buruk tersebut, ada baiknya Anda memilih ikan oscar yang berukuran seragam.

0 Response to "4 Ciri-ciri Ikan Oscar yang Bagus"

Posting Komentar