Cara Memelihara Ikan Discus yang Baik dan Benar

Bagaimana cara memelihara ikan discus? Bentuk-bentuk pemeliharaan yang harus dilakukan pada ikan discus pada dasarnya sama seperti ikan hias air tawar lainnya. Namun mengingat harga ikan ini terbilang mahal, tidak ada salahnya Anda memberikan perhatian yang lebih banyak. Jika dipelihara dengan baik dan benar, ikan discus akan mempunyai warna dan corak yang sangat indah.

Tahukah Anda, ada banyak sekali jenis ikan discus yang dijual di pasar berdasarkan warnanya. Apalagi maraknya perkawinan silang telah menghasilkan ragam ikan discus yang semakin banyak. Bahkan beberapa waktu belakangan ini telah ditemukan ikan discus yang berwarna hijau lho. Tentu saja ini merupakan sebuah kabar gembira khususnya bagi Anda yang hobi mengoleksi ikan discus.

tips-memelihara-ikan-discus.jpg

Ikan discus terbilang mudah dirawat kok. Agar ikan peliharaan Anda dapat tumbuh dengan baik, silakan ikuti kiat-kiat di bawah ini :

AKUARIUM

Ikan discus umumnya dipelihara di akuarium agar dapat dinikmati keindahan tubuhnya dari sisi samping. Akuarium yang digunakan harus memenuhi standar serta dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti filtrasi, aerator, water heater, dan termometer. Perlu diketahui, ikan discus secara alami hidup di lingkungan perairan yang suhunya cenderung hangat.

AIR

Perhatikan kondisi air di dalam akuarium. Lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan air mempunyai kualitas yang stabil, terutama suhunya. Penggantian air setiap seminggu sekali bisa dilakukan pada masa awal pemeliharaan sebanyak 50 persen dari total volume akuarium. Apabila alat filtrasi sudah bekerja dengan baik, pengurasan air dan pemberian garam bisa dihentikan.

PAKAN

Pakan yang digunakan untuk ikan discus sebaiknya memiliki ukuran yang halus. Jika sudah cukup akrab, Anda bisa melatih ikan tersebut untuk mengambil makanan langsung dari tangan kita. Lakukan latihan ini secara perlahan-lahan dan jangan melakukan gerakan yang mendadak karena dapat mengakibatkan ikan discus merasa kaget. Apabila sudah berhasil, kami bisa menjamin ikan discus peliharaan Anda akan senantiasa merasa nyaman tinggal di akuarium dan terhindar dari stres.

IKAN

Pemeliharaan ikan discus juga hendaknya dilakukan secara massal. Ikan yang dirawat sendirian akan mudah merasa stres. Mengingat harganya yang cukup mahal, Anda bisa mencampurkan ikan discus dengan ikan hias lainnya yang memiliki perangai jinak dan bukan predator. Kuncinya adalah pelihara ikan discus terlebih dahulu, kemudian baru tambahkan ikan-ikan lain untuk menemaninya.

0 Response to "Cara Memelihara Ikan Discus yang Baik dan Benar"

Posting Komentar