3 Tips agar Ikan Guppy Cepat Hamil

Bagaimana caranya agar ikan guppy cepat hamil? Keindahan yang dimiliki oleh ikan guppy membuatnya sering dijadikan sebagai ikan hias. Ikan ini memang sangat cantik. Siripnya yang panjang membuat tampilan ikan guppy terlihat anggun sekali. Begitu pula dengan warnanya yang cerah seakan menarik perhatian semua orang yang melihatnya.

Jadi jangan heran kalau ikan guppy mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Mahalnya harga ikan guppy membuat sebagian orang tertarik untuk membudidayakannya. Kabar baiknya adalah ikan guppy merupakan ikan air tawar yang sangat mudah dipelihara. Ikan ini pada dasarnya dapat beradaptasi dengan cepat serta tidak membutuhkan perawatan secara khusus.

Semakin banyak ikan guppy yang Anda miliki, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda perlu mengupayakan agar ikan guppy yang dipelihara mampu hamil dan beranak-pinak secepat mungkin. Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda coba :

tips-agar-ikan-guppy.jpg

Pemilihan Ikan Indukan

Ikan guppy umumnya dapat berkembang biak dengan waktu yang relatif singkat. Teknik yang perlu dilakukan untuk mendorong terjadinya pemijahan pun sangat mudah. Syarat utamanya yaitu ikan guppy harus sudah cukup umur untuk melakukan pemijahan. Usia yang ideal bagi ikan ini untuk memijah di mulai dari sekitar 3-4 bulan. Pilihlah ikan indukan yang berkualitas baik, kondisinya sehat, tubuhnya normal, dan berwarna cerah.

Antara ikan jantan dan ikan betina dapat dibedakan dengan memperhatikan anatomi tubuhnya. Ikan guppy jantan biasanya mempunyai postur yang langsing memanjang, ukurannya lebih kecil, lebih cerah warnanya, dan dilengkapi sirip yang lebih lebar. Berbeda dengan ikan guppy betina yang memiliki postur tubuh membulat, berukuran lebih besar, warnanya agak kusam, dan ukuran siripnya pun tidak terlalu lebar.

Lakukan Pemijahan Massal

Hindari memijahkan sepasang ikan guppy indukan saja karena peluang terjadinya proses pemijahan ikan relatif rendah. Disarankan untuk melakukan pemijahan massal sekaligus terhadap semua ikan indukan yang Anda pelihara. Idealnya, perbandingan jumlah antara ikan jantan dan ikan betina adalah 1:2. Artinya jika Anda memasukkan ikan jantan sebanyak 5 ekor, maka jumlah ikan betina yang perlu dimasukkan ke kolam pemijahan ialah 10 ekor.

Proses pemijahan pada ikan guppy umumnya berlangsung selama 1-2 minggu. Jadi setelah 14 hari kemudian, Anda bisa melihat apakah ikan betina sudah hamil atau belum. Ciri-ciri ikan guppy yang hamil antara lain bentuk perutnya membuncit dan terdapat titik berwarna hitam di sekitar area perut tersebut. Ikan betina yang tengah hamil harus ditempatkan di kolam khusus agar kondisi tubuhnya terjaga dan asupan gizi yang diperlukannya pun dapat terpenuhi.

Pakan Berprotein Tinggi

Secara alami, ikan guppy akan hamil dalam waktu antara 25-30 hari . Jangka tempo ini terbilang cukup lama, khususnya bagi Anda yang membudidayakan ikan guppy. Untuk mempersingkat masa kehamilan, Anda bisa memberikan pakan yang banyak mengandung protein kepadanya. Kandungan protein dinilai mampu mempercepat pertumbuhan anak ikan guppy selama di dalam perut induknya.

Perawatan ekstra juga perlu dilakukan untuk memperbesar peluang jumlah ikan yang dihasilkan oleh ikan guppy. Tidak jarang, ikan indukan yang dipelihara dengan baik akan mempunyai anakan yang mutunya sangat tinggi. Jenis pakan yang paling bagus diberikan kepada ikan guppy betina yang sedang hamil adalah cacing sutera dan kutu air. Kedua pakan ini bisa diberikan setiap pagi dan sore hari dengan dosis secukupnya.

0 Response to "3 Tips agar Ikan Guppy Cepat Hamil"

Posting Komentar