4 Cara Merawat Ikan Guppy di Akuarium Kecil

Apakah Anda ingin merawat ikan guppy di akuarium kecil? Hampir semua orang mengaku suka memelihara ikan hias di dalam akuarium. Dibandingkan dengan binatang peliharaan lainnya, merawat ikan jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Biaya perawatan berkala yang harus dikeluarkan pun relatif lebih murah. Selain itu, ikan mempunyai keindahan yang tiada duanya yang mampu meredakan stres dalam waktu yang singkat.

Ikan guppy merupakan satu dari sekian banyak ikan hias yang sangat disukai. Sebagai ikan air tawar, ikan ini memiliki tampilan yang luar biasa menarik berkat warna-warni di tubuhnya serta siripnya yang berukuran lebar. Ikan guppy juga dikenal mempunyai daya tahan yang sangat tinggi. Ikan ini bisa beradaptasi dengan cepat sehingga perawatannya pun terbilang mudah sekali.

cara-merawat-ikan-guppy.jpg

Biar kelihatan lebih menarik, Anda bisa merawat ikan guppy di dalam akuarium.

  1. Ikan guppy tergolong sebagai ikan yang tidak terlalu agresif. Meskipun tampilannya mirip sepeti ikan cupang, perangai yang dimiliki oleh kedua ikan ini berbeda jauh. Anda bisa memelihara beberapa ekor ikan guppy di dalam sebuah akuarium. Anda pun dapat mencampurkannya dengan ikan hias non-agresif lainnya seperti ikan koki, ikan komet, ikan platty, dan ikan mas. Biar lebih beragam, coba pula mencampurkan ikan guppy dengan ikan teritorial semisal ikan lemon, ikan manfish, ikan niasa, dan ikan black ghost. Larangan keras ditujukan untuk mencampurkan ikan guppy bersama dengan ikan agresif seperti ikan oscar, ikan arwana, ikan piranha, dan ikan louhan.
  2. Di habitat aslinya, ikan guppy senang memilih lingkungan perairan yang memiliki arus. Jadi bila Anda ingin memelihara ikan ini di akuarium, jangan lupa untuk memasang aerator biar ikan-ikan di dalamnya selalu dalam kondisi fresh. Lengkapi pula akuarium tersebut dengan tumbuhan air serta ornamen-ornamen berbentuk gua sebagai tempat persembunyian ikan. Tempatkan akuarium tersebut di tempat yang banyak mengandung cahaya matahari. Namun kalau bisa hindari meletakkan akuarium di dekat jendela karena air yang terkena sinar matahari langsung dapat memicu tumbuhnya alga dalam jumlah yang banyak dan cepat.
  3. Kunci sukses merawat ikan guppy di akuarium adalah menjaga kondisi airnya. Tidak jauh berbeda dengan manusia, ikan yang tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat akan memiliki usia harapan hidup yang lebih lama. Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan pengurasan air di akuarium secara teratur. Seminggu sekali, gantilah sepertiga dari volume air dengan yang baru. Sedangkan pembersihan akuarium secara menyeluruh dapat dikerjakan setiap sebulan sekali atau selambat-lambatnya adalah tiga bulan sekali.
  4. Ikan guppy adalah binatang omnivora. Ini artinya ikan guppy memakan hewan-hewan yang lebih kecil serta tanaman air. Anda bisa memberikan ikan ini makanan berupa cacing sutera, kutu air, dan jentik nyamuk. Demi alasan kepraktisan, tidak ada salahnya menggunakan pakan berbentuk pelet sebagai makanan utama ikan guppy. Usahakan pakan yang dipilih adalah pelet khusus ikan guppy yang dapat menjaga kesehatan tubuh ikan sekaligus meningkatkan kecerahan warnanya.

0 Response to "4 Cara Merawat Ikan Guppy di Akuarium Kecil"

Posting Komentar