5 Makanan Ikan Mas Alami yang Paling Disukai

Apakah makanan alami yang paling disukai oleh ikan mas? Ikan mas memiliki pangsa pasar yang sangat luas, baik untuk kebutuhan rumah tangga, usaha rumah makan, maupun pabrik pengolahannya. Hal ini dikarenakan daging ikan mas memang mempunyai rasa yang lezat dan teksturnya pun empuk sehingga digemari oleh banyak orang. Fakta ini lantas membuat harga ikan mas di Indonesia cukup tinggi dan tergolong stabil.

Budidaya ikan mas sampai saat ini mempunyai potensi keuntungan yang begitu besar. Para petani biasanya memelihara ikan ini di tambak-tambak khusus. Mereka kebanyakan memberinya makanan berupa pakan buatan untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan mas. Peluang mendapatkan keuntungan akan semakin besar manakala ikan-ikan mas yang dibudidayakan sejak dari kecil tersebut mampu tumbuh dengan pesatnya dalam waktu yang singkat hingga mencapai bobot yang ideal untuk dijual ke pasar.

Pemakaian pakan buatan untuk ikan mas memang terbukti mampu meningkatkan kecepatan pertumbuhannya. Tetapi semakin mahalnya harga pakan buatan akhir-akhir ini membuat biaya produksi semakin tinggi. Bahkan di beberapa tempat, harga pakan buatan terhitung sangat mahal hingga membuat petani akan merugi jika terus-menerus menggunakannya. Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni menggunakan pakan alami yang notabene harganya lebih murah sehingga biaya produksi dapat ditekan.

makanan-ikan-mas-alami.jpg

  1. Cacing Tanah

Hampir semua ikan menyukai cacing tanah sebagai makanannya. Apalagi ikan mas yang merupakan binatang omnivora dan mempunyai kebiasaan makan yang rakus sekali. Cacing tanah banyak mengandung protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan mas. Anda bisa menemukan cacing tanah di tempat sampah dan kebun. Sebelum ditebarkan ke kolam, cacing tanah perlu dicuci bersih terlebih dahulu.

  1. Cacing Sutera

Cacing sutera juga sangat disukai oleh ikan mas. Cacing ini biasanya banyak terdapat di perairan yang kotor dan tergenang. Ukurannya sangat halus dan berwarna merah muda. Sayangnya cacing sutera kerap membawa bibit penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkan cacing ini terlebih dahulu lalu merendamnya di air bersih selama 3 hari berturut-turut.

  1. Kroto

Kroto merupakan telur semut yang berjenis rang-rang. Ukurannya yang cukup besar membuat telur semut rang-rang juga berukuran lebih besar daripada jenis semut yang lain. Kroto mengandung protein yang sangat tinggi. Saat ini sudah banyak peternak kroto sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah. Kalau ingin yang gratis, Anda bisa mencarinya di pepohonan yang rimbun. Kroto yang sudah didapatkan bisa langsung disebar ke kolam ikan mas.

  1. Ulat Daun Pisang

Di antara jenis ulat yang lainnya, kami lebih menyarankan penggunaan ulat daun pisang sebagai makanan ikan mas. Bahkan ulat ini bisa dijadikan makanan pokok karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Ulat daun pisang bisa ditemukan dengan mudah apabila banyak kebun pisang di sekitar area pertambakan. Jika Anda melihat daun pisang yang tergulung, kemungkinan besar ada ulat ini di dalamnya.

  1. Sekam Padi

Ikan mas tidak hanya memakan daging-dagingan, tetapi juga tanaman. Pemberian sayur-mayur sebenarnya sangat bagus tetapi harganya cukup mahal. Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengambil sayur-sayuran bekas di pasar yang biasanya dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Kalau mau yang lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan sekam padi yang dicampur kotoran sapi, tetes tebu, tepung ikan, dan arang kelapa yang dibuat menjadi pelet .

0 Response to "5 Makanan Ikan Mas Alami yang Paling Disukai"

Posting Komentar