Cara Memelihara Ikan Arapaima Gigas

Bagaimana cara memelihara ikan arapaima gigas? Ada banyak sekali ragam hobi yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Memelihara ikan hias mungkin menjadi salah satu hobi dengan peminat yang sangat banyak. Hobi ini memang tidak terlalu sulit untuk digeluti. Tetapi manfaatnya terasa begitu luar biasa bagi para pelakunya. Waktu luang menjadi lebih produktif, timbulnya perasaan kasih sayang antar sesama makhluk hidup, terhindar dari stres, serta pikiran menjadi fresh.

Anda mungkin lebih menyukai ikan hias air tawar dibandingkan dengan ikan-ikan yang hidup di lingkungan air payau atau air asin? Jika iya, cobalah sekali-kali merawat ikan arapaima gigas. Tahukah Anda, ikan arapaima gigas merupakan ikan air tawar yang paling besar di dunia. Ikan yang berasal dari Brasil ini mampu tumbuh hingga ukuran postur tubuhnya sangat besar. Tidak heran, tidak sedikit para penghobi yang tertarik mempunyai ikan arapaima gigas untuk melihat sampai sejauh mana ikan miliknya bisa tumbuh besar.

memelihara-ikan-arapaima-gigas.jpg

Ikan arapaima gigas termasuk ikan hias yang gampang sekali untuk dipelihara. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan ini antara lain :

Bibit

Bibit ikan arapaima gigas bisa Anda beli di toko ikan-ikan hias yang terdekat. Bisa juga melalui toko online karena saat ini sudah banyak penjual yang menjajakan ikan ini di dunia maya. Perlu diperhatikan bahwa ikan arapaima gigas termasuk salah satu ikan yang dilindungi karena terancam punah. Jadi pastikan Anda juga mendapatkan berkas-berkas surat yang menunjukkan legalitas bibit ikan arapaima gigas yang dibeli. Jangan pernah membeli ikan ini apabila Anda merasa tidak mampu merawatnya dengan sepenuh hati.

Akuarium

Sediakan akuarium dengan ukuran yang sesuai dengan postur tubuh ikan arapaima gigas Anda saat ini sehingga ia dapat bergerak dengan leluasa. Namun kami lebih menyarankan kepada Anda untuk langsung menyediakan akuarium yang ukurannya besar sehingga biayanya lebih hemat. Asal Anda tahu, tingkat pertumbuhan ikan arapaima gigas terbilang sangat cepat. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai lebih dari 5 meter.

Biarkan akuarium tampil polos apa adanya supaya ikan akuarium gigas yang tinggal di dalamnya bisa berenang dengan bebas. Pemberian ornamen cukup dengan memasang gambar panorama keindahan bawah air di dinding akuarium bagian belakang. Jika Anda tetap bersikukuh ingin memasukkan koral, maka letakkan bebatuan tersebut di area tepi sehingga bagian tengah akuarium tetap lapang. Jangan lupa untuk melengkapi akuarium tersebut dengan aerator dan filter.

Makanan

Ikan arapaima gigas sekilas terlihat mirip sekali dengan ikan arwana. Ikan ini pun sama-sama predator yang mengonsumsi pakan berupa daging-dagingan. Anda bisa memberikan makanan kepada ikan ini berupa anakan ikan mas, jangkrik, udang kupas, sampai tikus putih. Kami lebih menyarankan untuk memberinya pakan hidup untuk menjaga naluri berburunya. Boleh juga sesekali memberinya makanan olahan seperti daging, fillet ikan, dan lain-lain. Hindari memberinya kecoa atau cicak sebab dikhawatirkan dapat menularkan bibit penyakit.

0 Response to "Cara Memelihara Ikan Arapaima Gigas"

Posting Komentar