Cara Memilih Induk Ikan Guppy yang Tepat

Bagaimana cara memilih induk ikan guppy? Ada banyak orang yang mengaku suka memelihara ikan guppy. Alasannya karena ikan air tawar ini tampak begitu indah dengan sirip lebar yang dimilikinya. Selain itu, warna ikan ini pun terlihat sangat menarik. Walaupun sekilas mirip seperti ikan cupang, sifatnya ternyata bertolak belakang. Anda bisa memelihara beberapa ekor ikan guppy di dalam sebuah akuarium.

Dalam rangka membudidayakan ikan guppy, Anda perlu menyediakan induk yang berkualitas bagus terlebih dahulu. Dibandingkan dengan beternak ikan guppy dari pembesaran bibit, Anda akan lebih banyak mendapatkan keuntungan apabila memelihara indukannya. Modal yang dikeluarkan pun relatif lebih sedikit dengan peluang keberhasilan yang lebih tinggi. Harapannya dari sepasang ikan guppy tersebut akan melahirkan banyak burayak ikan guppy.

memilih-induk-ikan-guppy.jpg

Kesuksesan Anda dalam membudidayakan ikan guppy sangat dipengaruhi oleh kualitas induk yang dipilih. Biar tidak keliru, perhatikan faktor-faktor di bawah ini dengan seksama :

  1. Usia

Tidak semua ikan guppy yang sudah terlihat besar secara kasat mata bisa dijadikan sebagai indukan. Minimal ikan tersebut sudah cukup dewasa yang ditandai dengan kematangan pada organ genitalnya. Pada ikan guppy, rata-rata usia 3 bulan telah mengalami kematangan gonad. Namun usia yang paling bagus ialah sekitar 4-5 bulan. Di rentang umur ini, ikan guppy sudah berukuran besar, warna dan coraknya jelas, serta pertumbuhan ekor yang telah memadai.

  1. Perilaku

Wajib memilih ikan guppy yang kondisinya benar-benar sehat. Hal ini ditunjukkan dari gerakannya yang lincah dan tidak suka berdiam diri. Semua anggota tubuh ikan juga harus lengkap serta tidak mengalami kecacatan fisik sama sekali. Ikan guppy yang sedang sakit biasanya akan menjauh dari teman-temannya. Sedangkan ikan yang sehat ditunjukkan dari nafsu makannya yang tinggi dan responsif terhadap keadaan di sekitarnya.

  1. Fisik

Keindahan ikan guppy salah satunya terletak pada rupa fisiknya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan faktor ketiga ini. Ikan guppy jantan harus mempunyai warna yang tampak mencolok. Usahakan pangkal ekornya pun berukuran cukup besar sehingga tampak anggun. Berbeda dengan ikan guppy betina, ikan yang baik memiliki postur yang gemuk berisi walaupun tidak hamil serta bentuknya tidak bungkuk.

  1. Kemurnian

Pastikan semua ikan guppy yang Anda pelihara berasal dari garis keturunan yang murni. Ikan tersebut bukan merupakan hasil dari perkawinan silang sehingga Anda bisa lebih dalam mengenali jenisnya. Dengan merawat ikan guppy yang masih asli, Anda pun dapat melakukan perkawinan silang terhadap ikan-ikan tersebut dengan hasil yang lebih pasti.

0 Response to "Cara Memilih Induk Ikan Guppy yang Tepat"

Posting Komentar