3 Trik Membuat Kolam Koi Tetap Bening

Bagaimana cara membuat kolam ikan koi tetap bening? Ikan koi merupakan ikan air tawar yang sangat disukai oleh para penghobi. Selain karena keindahan yang dihasilkan oleh paduan warna di tubuhnya, ikan koi pun mempunyai gerak-gerik yang sangat atraktif. Siapa pun orang yang melihatnya pasti akan langsung terhibur. Belum lagi mitos tentang ikan koi sebagai pembawa keberuntungan juga turut andil menaikkan pamornya.

Para penghobi biasanya memelihara ikan koi di dalam kolam. Dengan ukuran yang cukup luas, ikan koi yang berada di kolam akan berenang lebih lincah. Sayangnya air di kolam mudah sekali menjadi keruh hingga berwarna kehijau-hijauan. Mau tidak mau air tersebut harus dikuras minimal setiap tiga hari sekali agar kondisinya tetap jernih. Tentu saja, hal ini akan terasa merepotkan sekali. Jadi solusinya, Anda pun wajib memikirkan trik supaya air di dalam kolam ikan koi tetap bening.

membuat-kolam-koi-bening.jpg

Kami mempunyai tiga trik jitu untuk menjaga kualitas air kolam sekaligus menjaga kondisinya agar senantiasa bening, yaitu :

Trik 1. Pasang Media Filter

Filter dapat digunakan untuk menyaring kotoran yang masuk ke air sehingga tidak mencemarinya. Ada banyak sekali media yang dapat digunakan sebagai filter air. Agar hasilnya lebih maksimal, disarankan pakailah lebih dari satu jenis media. Kami biasanya menggunakan media untuk filter yang terdiri dari ijuk, bioball, dan arang. Kemudian tambahkan batu zeolit untuk menjaga tingkat keasaman (pH) air. Dengan memasang filter ini di kolam ikan air tawar, niscaya kebersihan airnya bakal terjaga.

Trik 2. Pakai Pompa Air

Ikan koi sangat menyukai kolam yang memiliki arus. Nafsu makannya akan semakin tinggi apabila ikan ini diletakkan di kolam yang dilengkapi air mancur. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan pompa untuk memutar air di dalam kolam. Sesuaikan kemampuan pompa yang dipilih dengan kapasitas air yang ada di kolam. Idealnya, pompa harus mampu mengolah semua air di kolam selambat-lambatnya dalam waktu 1 jam. Akan lebih bagus lagi kalau kemampuan pompa airnya lebih tinggi daripada itu, tetapi jangan sampai menghasilkan arus yang terlalu kuat.

Trik 3. Hindari Cahaya Matahari

Sebenarnya penyebab air kolam ikan berwarna hijau karena banyaknya populasi ganggang di dalamnya. Ganggang merupakan salah satu fitoplankton yang hidup di air. Ia membutuhkan makanan dan sinar matahari agar bisa hidup dan berkembang biak. Bila salah satu syarat hidupnya tidak terpenuhi, ganggang ini tidak mungkin dapat bertahan hidup. Di sini kami menyarankan Anda untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke kolam supaya tidak terjadi ledakan populasi ganggang. Caranya dapat dilakukan dengan memasang naungan di atas kolam tersebut.

0 Response to "3 Trik Membuat Kolam Koi Tetap Bening"

Posting Komentar