5 Langkah Budidaya Ikan Golden Black Molly

Bagaimana cara budidaya ikan golden black molly? Ikan ini cocok sekali dipelihara oleh semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak karena mempunyai daya tahan yang sangat baik. Harganya pun murah meriah berkisar antara 3-5 ekor per Rp 5.000. Keindahan ikan black molly sudah pasti terpancar dari warna tubuh serta gerak-geriknya yang gesit. Keistimewaan lainnya ialah ikan ini cepat berkembang biak.

Ingat, ikan black molly adalah ikan air tawar. Anda bisa memelihara ikan ini di akuarium yang dilengkapi filter dan aerasi biar kondisinya tetap terjaga. Kemudian tuangkan air yang sudah didiamkan semalaman ke dalam akuarium tersebut. Usahakan suhu airnya tetap stabil pada kisaran 25-28 derajat celsius. Anda tidak perlu repot memikirkan makanan yang cocok untuk ikan black molly karena ikan ini merupakan omnivora yang memiliki nafsu makan tinggi.

langkah-budidaya-ikan-golden.jpg

Khususnya buat Anda yang tertarik membudidayakan ikan black molly, silakan perhatikan langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1. Pemilihan Indukan

Pilih indukan ikan golden black molly yang telah siap untuk dipijahkan. Ciri-cirinya yaitu ikan tersebut berumur minimal 4 bulan, warnanya cerah, aktif berenang, kondisinya sehat, dan normal. Ikan molly jantan mempunyai kepala lebih besar, tubuh lebih ramping, warna lebih cerah, dan sirip punggung lebih panjang daripada ikan molly betina. Selain itu, ikan jantan juga memiliki gonopodium. Sediakan indukan ikan jantan dan ikan betina dengan perbandingan 1:3 sampai 1:5.

Langkah 2. Wadah Pemeliharaan

Selain akuarium, Anda bisa memelihara ikan golden ini di stoples, bak plastik, atau kolam beton. Siapkan beberapa wadah dengan kegunaan masing-masing. Usahakan wadah yang dipakai untuk pendederan burayak ikan golden berukuran cukup besar. Sedangkan untuk pemijahan ikan indukan tidak perlu terlalu luas agar semua ikan yang sedang dijodohkan sering berjumpa. Masukkan beberapa tanaman air ke dalam wadah tadi sebagai pelindung dan tempat persembunyian ikan.

Langkah 3. Pengisian Wadah

Anda harus menggunakan air tawar sebagai media pemeliharaan ikan golden molly. Hindari menggunakan air PAM karena ada kandungan kaporit di dalamnya. Kami lebih menyarankan pakailah air sumur atau air sungai. Sebelum dimasukkan ke akuarium, air ini perlu didiamkan selama 24 jam supaya partikel-partikel kotoran di dalamnya mengendap. Untuk mendukung kesehatan ikan, Anda bisa memasukkan garam sebanyak 1 sendok makan per 8 liter air.

Langkah 4. Memijahkan Indukan

Ikan golden black molly yang telah memenuhi kriteria sebagai indukan dipindahkan dari tangki perawatan ke tangki pemijahan. Proses pemijahan dapat dilakukan secara mandiri ataupun massal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Ikan jantan yang merasa tertarik dengan ikan betina incarannya akan langsung mengejar dan berdempetan. Dalam kurun waktu beberapa menit, ikan betina akan bertelur dan langsung dibuahi oleh ikan jantan. Proses pemijahan akan berlangsung selama 4-7 hari.

Waktu kehamilan pada ikan golden berkisar antara 3-4 minggu atau sebulan. Dalam sekali proses melahirkan, ikan ini sanggup mengeluarkan burayak dalam jumlah mencapai 5-30 ekor. Burayak ikan yang sudah lahir wajib segera dipindahkan ke tangki pendederan karena bisa dimakan oleh indukan ikan yang lain. Untuk mencegah kejadian buruk ini, Anda bisa memasang kawat ram-raman secara horizontal persis di tengah tangki. Dengan demikian, burayak bisa melindungi dirinya dengan berenang ke bagian bawah tangki sehingga tidak dapat dikejar ikan indukan.

Langkah 5. Perawatan Burayak

Burayak ikan yang baru lahir tidak membutuhkan pakan tambahan karena masih memiliki cadangan makanan di tubuhnya. Barulah pada hari ke-3 atau ke-4, Anda bisa memberinya makanan berupa kutu air atau kuning telur rebus. Pemberian makanan ini tidak boleh berlebihan sebab bisa mengotori air. Kemudian setelah ukuran tubuh ikan mencapai 2-3 cm, Anda bisa beralih menggunakan cacing sutera sebagai pakan utama ikan.

0 Response to "5 Langkah Budidaya Ikan Golden Black Molly"

Posting Komentar