Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak

Bagaimana cara membuat pakan lele dari dedak? Budidaya ikan lele di Indonesia masih sangat menggiurkan karena memiliki pangsa pasar yang begitu luas. Selain untuk kebutuhan rumah tangga, ikan lele pun banyak dicari oleh para pelaku usaha warung makan. Tak ayal, kondisi ini membuat harga ikan lele yang sudah tergolong tinggi menjadi stabil.

Tahukah Anda, kunci utama kesuksesan usaha beternak ikan lele yang Anda geluti terletak pada faktor pakan. Sebab lebih dari 70 persen biaya produksi dihabiskan untuk pengadaan pakan. Anda harus pintar dalam mengatur dan mengelola pakan yang diberikan kepada ikan lele. Sebisa mungkin pakan tersebut harus membuat ikan lele dapat tumbuh dengan cepat hingga mencapai bobot yang ideal untuk dipanen.

Penghematan biaya untuk menyediakan pakan bagi ikan lele yang dibudidayakan bisa dilakukan dengan membuatnya. Prosesnya yang terbilang sangat mudah memungkinkan Anda untuk membuat pakan alternatif ini di sela-sela kesibukan mengurus ikan lele. Bahan utama yang diperlukan adalah dedak. Kemudian Anda perlu memasukkan bahan-bahan tambahan untuk menyempurnakan kandungan gizi yang nantinya terkandung di dalam pakan buatan.

pakan-lele-dari-dedak.jpg

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 5 kg dedak
  • 2,5 kg pelet
  • 5 sdm garam atau 0,25 kg ikan asin
  • 5 liter air
  • Minyak goreng bekas/jelantah secukupnya

Cara Pembuatan :

  1. Siapkan dedak yang akan menjadi bahan utama pakan buatan ikan lele ini. Kemudian masukkan dedak tersebut ke dalam ember.
  2. Di sini Anda memerlukan pelet sebagai bahan campuran untuk menambah nutrisi sekaligus melembutkan tekstur dedak. Disarankan memakai pelet yang mengandung protein lebih dari 20 persen. Ingat, protein sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan. Masukkan pelet ini juga ke ember tadi.
  3. Tambahkan garam ke ember. Garam digunakan untuk menjaga kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan-bahan sehingga tidak rusak setelah dimasak. Kalau mau hasil yang lebih bagus, Anda bisa memakai ikan asin sehingga pakan nantinya memiliki aroma yang tajam.
  4. Setelah itu, tuangkan pula minyak goreng bekas atau minyak jelantah ke dalam ember. Pemberian minyak ini juga bertujuan untuk memunculkan aroma yang kuat sehingga ikan lele akan menyukai pakan buatan Anda. Semakin banyak jumlah minyak yang ditambahkan, maka aromanya akan semakin kuat.
  5. Aduk-aduk semua bahan di atas sampai tercampur rata. Lalu tambahkan air secukupnya dan diaduk kembali sampai menghasilkan adonan yang kental.
  6. Adonan yang masih mentah tadi lantas dipindahkan ke panci pengukus. Kukuslah adonan tersebut selama 1 jam. Ciri-ciri adonan yang sudah matang yaitu warnanya berubah menjadi cokelat tua dan tercium aroma yang cukup menyengat seperti kue kukus.
  7. Pakan yang sudah jadi kemudian ditiriskan di wadah yang berlubang-lubang agar air yang terkandung di dalamnya dapat keluar. Diamkan pakan ini selama semalaman sebelum diberikan kepada ikan-ikan lele peliharaan Anda.

0 Response to "Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak"

Posting Komentar