Jenis-jenis Ikan Datz yang Sangat Menarik

Mau tahu jenis-jenis ikan datz yang sangat menarik? Ikan Datz biasa disebut pula sebagai Ikan Datnoid atau Ikan Tigerfish. Ini merupakan ikan air tawar yang mempunyai tubuh yang unik sekali. Ia memiliki badan yang berwarna loreng-loreng antara hitam dan kuning emas sehingga membuatnya tampak seperti harimau. Perangainya pun galak, agresif, dan kerap berkelahi dengan ikan-ikan lainnya.

Belakangan ini ikan datz semakin populer di kalangan penggemar ikan hias di Indonesia. Ikan ini mempunyai panjang tubuh maksimal antara 10-14 inci, bahkan sampai 18 inci di habitat alaminya. Hal tersebut sebenarnya wajar sebab ikan datz termasuk ikan yang panjang umur di antara bangsa ikan-ikan yang lainnya. Jika dipelihara dengan baik, ikan ini mampu bertahan hidup sampai usianya mencapai 15-20 tahun.

jenis-jenis-ikan-datz.jpg

Jangan salah sangka, ragam jenis ikan datz ini cukup banyak kok. Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya akan memberitahukan empat spesies ikan datz yang paling banyak dipelihara. Di antaranya yaitu :

Ikan Datz Indo (Datnioides microlepis)

Datnioides microlepis adalah ikan datz yang asli berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan dan Pula Sumatera. Perbedaannya ialah ikan indo datz dari Kalimantan berwarna jingga, sedangkan ikan yang berasal dari Sumatera warnanya kuning. Spesies ini paling banyak dijual di Indonesia. Ciri khasnya yaitu memiliki garis-garis yang lebih banyak daripada ikan datz yang lain.

Ikan Datz Papua (Datnioides campbelli)

Indonesia masih mempunyai spesies ikan datz lainnya yakni Datnioides campbelli. Ikan ini biasa hidup di hutan belantara di Pulau Papua. Kelebihan dari ikan datz papua adalah warna kuning emasnya yang terlihat cerah sekali. Bentuk loreng-loreng hitamnya pun tidak rapi membentuk garis, melainkan campuran antara garis-garis dan totol-totol. Inilah yang membuat ikan datz papua tampak unik.

Ikan Datz Pulcher (Datnioides pulcher)

Datnioides pulcher dikenal dengan sebutan ikan datz pulcher atau ikan datz siam. Perlu diketahui, ikan datz pulcher merupakan ikan datz yang paling mahal. Selain karena keindahannya, ketersediaan ikan ini di seluruh dunia juga semakin sedikit. Perburuan secara berlebihan mengakibatkan populasi ikan ini menurun drastis hingga saat ini statusnya sudah berada di level terancam punah. Ikan datz pulcher memiliki loreng-loreng yang menyerupai ikan datz indo, tetapi warna kuningnya jauh lebih cerah.

Ikan Datz Golden (Datnioides undecimradiatus)

Ini dia ikan datz yang mempunyai paras paling cantik. Datnioides undecimradiatus memiliki tubuh yang berwarna kuning keemasan sehingga dinamakan golden datz. Bentuk garis-garis hitam yang menghiasi tubuhnya pun lebih tipis daripada loreng-loreng yang ada di ikan datz lainnya. Itulah kenapa, selain disebut golden datz, ikan ini juga kerap dinamakan thin bar datz. Ikan datz golden mempunyai kualitas warna yang sama baiknya dengan ikan datz pulcher. Rupa loreng-lorengnya yang lebih tipis lah yang membuatnya tampak lebih menarik.

0 Response to "Jenis-jenis Ikan Datz yang Sangat Menarik"

Posting Komentar