5 Penyebab Ikan Koi Diam di Dasar Kolam

Apakah penyebab ikan koi diam di dasar kolam? Kita semua pasti sepakat kalau ikan koi merupakan ikan air tawar yang indah sekali. Daya tarik utamanya terletak pada warna-warni yang menyelimuti tubuh ikan tersebut. Bahkan sering kali perpaduan dari beberapa warna ini menciptakan corak dengan pola yang sangat unik.

Faktor lain yang menarik dari ikan koi adalah gerak-geriknya yang begitu lincah. Ikan koi biasa berenang kesana dan kemari. Jika sudah jinak, Anda pun dapat bercengkerama dengannya. Anda bisa bermain-main dengan ikan ini sembari memberinya pakan. Tapi kalau ikan koi sedang dilanda masalah, ia akan berdiam diri. Ikan tersebut hanya berdiam diri di dasar kolam karena merasa tidak nyaman.

penyebab-ikan-koi-diam.jpg

Lantas, apa sih penyebab-penyebab timbulnya ketidaknyamanan pada ikan koi?

  1. Kolam Tidak Memiliki Arus

Di habitat alaminya, ikan mas koi terbiasa hidup di lingkungan perairan yang memiliki air beraliran deras. Jadi apabila Anda memutuskan untuk memelihara ikan koi, Anda wajib melengkapi kolamnya dengan pompa air. Pompa inilah yang selanjutnya akan meniupkan udara ke dalam air sehingga tercipta aliran. Pastikan aliran air ini cukup deras sebab bila terlalu lemah, ikan koi juga tidak akan menyukainya.

  1. Ikan Merasa Ketakutan

Coba perhatikan kondisi lingkungan di sekitar kolam, apakah sudah benar-benar aman bagi ikan koi atau tidak? Lingkungan yang terlalu terbuka biasanya akan membuat ikan tersebut merasa ketakutan. Begitu pula jika kondisinya terlalu tertutup, ia akan selalu merasa waswas terhadap setiap kemungkinan yang ada di balik penutup tersebut. Solusinya Anda perlu memastikan kalau kolam dikelilingi tanaman seperlunya saja.

  1. Kedalaman Kolam Terlalu Dangkal

Penyebab lain yang akan membuat ikan koi ketakutan ialah kedalaman kolamnya yang terlalu dangkal. Hal ini membuat ikan merasa tidak bisa bersembunyi dengan baik. Ia sudah berusaha beradaptasi dengan lingkungannya, kemudian sadar kalau sedang terancam tidak bisa menemukan tempat persembunyian yang aman. Pada akhirnya dia pun berusaha selalu menyembunyikan diri. Sebaiknya, buatlah kolam ikan dengan kedalaman minimal 1 m.

  1. Ikan Belum Mengenal Anda

Pada saat Anda akan mendekati kolam tiba-tiba gerombolan ikan koi masuk ke dasar air secara serempak. Ini tandanya ikan-ikan koi tersebut belum mengenal Anda dengan baik. Ikan langsung merasa takut begitu Anda datang mendekatinya. Supaya ikan lebih mengenal Anda, biasakanlah bermain-main sebentar ketika memberinya makanan. Sesekali coba berikan pakan langsung dari tangan Anda sehingga ikan-ikan tersebut datang mendekat.

  1. Sudah Menjadi Sifat Utamanya

Masing-masing jenis ikan koi sebenarnya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada ikan koi yang sangat lincah, mudah dijinakkan, dan gampang beradaptasi. Namun tidak sedikit pula ikan koi yang sifatnya pemalu sehingga ia merasa lebih senang bermain-main di dasar air. Apabila Anda mendapati ikan koi peliharaan kerap di dasar air tetapi gerakannya tampak lincah, ini berarti memang dasarnya ikan tersebut pemalu. Anda harus memasukkan ikan koi yang lincah biar dia ikut bergerak ke permukaan kolam. Untuk keperluan ini, Anda bisa menggunakan ikan koi yang berjenis chagoi.

0 Response to "5 Penyebab Ikan Koi Diam di Dasar Kolam"

Posting Komentar