Cara Membuat Akuarium Air Laut secara Gampang

Bagaimana cara membuat akuarium air laut yang benar? Tidak hanya Anda sendiri yang suka memelihara ikan di dalam akuarium. Ada banyak sekali para penghobi di luar sana yang mempunyai kebiasaan yang sama seperti Anda. Memang benar, hobi mengoleksi ikan tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu membuat hidup menjadi lebih bahagia. Setelah bekerja seharian, kita bisa menikmati pemandangan dunia bawah air sepuasnya.

Tren terbaru adalah memelihara ikan-ikan laut di dalam akuarium air asin. Dibandingkan dengan ikan air tawar, ikan air laut biasanya memiliki daya tarik yang lebih. Warnanya tampak begitu cerah, berwarna-warni, bentuknya unik, pilihan jenisnya banyak sekali, serta memiliki gerak-gerik yang lincah. Hanya saja akuarium air laut terbilang lebih susah dirawat dibandingkan akuarium air tawar. Yang terpenting ialah Anda mesti menjaga kualitas air laut supaya kondisinya tetap ideal.

membuat-akuarium-air-laut.jpg

Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang perlu Anda kerjakan untuk membuat akuarium air laut sendiri!

  1. Letakkan akuarium di tempat yang sudah disediakan sebelumnya. Pastikan posisi akuarium tersebut benar-benar rata supaya tidak mudah bocor.
  2. Kini waktunya untuk memasukkan pasir kasar ke dalam akuarium dengan ketebalan sekitar 1-3 cm. Pasir kasar ini merupakan lapisan paling dasar dari akuarium air laut Anda.
  3. Setelah itu, masukkan pula pasir halus persis di atas lapisan pasir kasar setebal 2-3 cm. Hamparkan butiran-butiran pasir ini ke seluruh sudut akuarium sebagai alas sekaligus pembantu akuarium untuk menahan beban di atasnya.
  4. Disarankan untuk memelihara terumbu karang juga di dalam akuarium air laut. Meskipun perawatannya lumayan sulit, terumbu karang bisa dibilang sebagai ornamen yang wajib ada. Susun terumbu karang ini sedemikian rupa sehingga tampak indah bila dipandang dari sisi depan.
  5. Cek sekali semua bahan-bahan di atas sudah dipasang sempurna. Barulah kemudian Anda bisa memasukkan air laut secukupnya, setidaknya menggenangi seluruh terumbu karang. Baca artikel di sini untuk mendapatkan panduan mengisi akuaium dengan air yang benar.
  6. Langkah berikutnya yaitu menyiapkan posisi aquairum sump persis di bawah akuarium. Usahakan letak posisi pemasangannya sudah benar ya.
  7. Berikutnya proses pemasangan alat-alat yang berguna untuk mendukung akuarium sehingga kondisinya selalu bersih dan ideal bagi kehidupan ikan laut peliharaan Anda. Di antaranya meliputi denitrator, skimmer, calcium reactor, bioball, dan chiller.
  8. Pasir laut dan terumbu karang juga perlu dimasukkan ke dalam alat refigium. Alternatif lainnya, Anda pun boleh menambahkan rumput asam yang sekaligus berguna untuk menurunkan kadar amoniak di dalam akuarium.
  9. Tiba saatnya melakukan finishing yaitu memasang lampu LED pada akuarium tersebut. Selain berguna untuk menunjang estetika akuarium, cahaya lampu ini juga dibutuhkan oleh ikan dan terumbu karang untuk dapat hidup dengan baik.
  10. Akuarium yang baru saja jadi sebaiknya jangan langsung diisi dulu dengan ikan laut. Anda perlu menunggu selama 1-2 minggu supaya kondisi di dalamnya benar-benar bagus bagi ikan. Jangan lupa pula untuk mengadaptasikan ikan laut terlebih dahulu sebelum merilisnya ke dalam akuarium.

0 Response to "Cara Membuat Akuarium Air Laut secara Gampang"

Posting Komentar