Inilah 5 Kelebihan Ikan Lele Sangkuriang

Terdapat cukup banyak jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Salah satu di antaranya yang terkenal ialah ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus Sp). Dinamakan demikian karena ikan lele ini dihasilkan oleh BBPBAT (Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar) di Sukabumi, Jawa Barat menggunakan ikan lele dumbo betina generasi kedua dan ikan lele dumbo jantan generasi keenam. Ikan lele sangkuriang dikenal dengan postur tubuhnya yang besar, tingkat pertumbuhannya cepat, serta mempunyai daging yang tebal.

Tidak heran memang kalau ikan lele sangkuriang termasuk jenis ikan lele yang berkualitas unggul. Ada banyak sekali petani lokal yang lebih memilih membudidayakan ikan ini. Pemeliharaannya juga tidak terlalu sulit karena sama seperti jenis ikan lele lainnya, ikan ini memiliki daya tahan yang sangat bagus. Biasanya ikan lele sangkuriang dapat dipanen saat usianya sudah mencapai 2-3 bulan. Harga rata-rata ikan ini berkisar antara Rp 18-25 ribu/kg.

kelebihan-ikan-lele-sangkuriang.jpg

Adapun kelebihan ikan lele sangkuriang dibandingkan ikan-ikan lele lainnya antara lain :

  1. Tingkat Pertumbuhannya Sangat Cepat

Ikan lele sangkuriang memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat untuk mencapai ukuran yang siap konsumsi. Bahkan jika dibandingkan dengan ikan lele dumbo, selisih waktunya bisa mencapai 30-40 hari lebih cepat. Di tingkat pembenihan maupun pembesaran, budidaya ikan lele sangkuriang terbukti lebih baik. Lama waktu pertumbuhan ikan ini dari ukuran 2-3 cm menjadi 5-6 cm adalah 20-25 hari. Sedangkan dari ukuran 5-6 cm untuk mencapai ukuran yang sesuai permintaan pasar menghabiskan waktu selama 50-60 hari. Bahkan jika suhu air kolamnya rata-rata 35-38 derajat celsius, waktu pembesaran ikan lele sangkuriang hanya 45 hari.

  1. Kemampuan Bertelurnya Baik Sekali

Tingkat produktivitas ikan lele sangkuriang juga sangat baik dengan daya tetas telur yang baik pula. Dalam sekali bertelur, ikan lele betina mampu menghasilkan telur hingga mencapai 60.000 butir. Dari semua jumlah telur tersebut, prosentase telur yang akan menetas dan menjadi larva lebih dari 90 persen. Coba Anda bandingkan dengan ikan lele dumbo yang hanya mampu bertelur sebanyak 20.000-30.000 butir dengan daya tetas sekitar 80 persen.

  1. Memiliki Daya Tahan yang Tinggi

Keunggulan lain yang dimiliki oleh ikan lele sangkuriang ialah daya tahannya yang sangat tinggi. Hal ini tidak lain berkat adanya lapisan lendir di sekujur tubuhnya. Bahkan BBPBAT mengklaim kalau ikan ini jarang sekali terkena penyakit. Meskipun begitu, perawatan jelas mutlak dilakukan supaya budidaya ikan yang Anda lakukan membuahkan hasil yang maksimal. Adapun jenis bakteri yang sering menyerang ikan lele di antaranya Trichoda sp. dan Ichthiophthirius sp.

  1. Hasil Produksi Lebih Banyak

Ini pula yang menjadi pertimbangan dari petani lokal kenapa lebih tertarik membudidayakan ikan lele sangkuriang. Sebab ikan yang satu ini mempunyai potensi hasil yang melimpah, jauh lebih banyak ketimbang ikan lele dumbo. Secara garis besar, produksi 1000 benih ikan lele dumbo yang diberi pakan sebanyak 1 kuintal berkisar antara 70-80 kg. Sementara itu, produksi ikan lele sangkuriang dengan kriteria yang sama akan menghasilkan ikan yang siap panen sampai 1-1,4 kuintal.

  1. Perawatannya Lebih Gampang Dilakukan

Pada dasarnya, memelihara ikan lele itu tidaklah sulit. Apalagi jika Anda membudidayakan ikan lele yang berjenis sangkuriang ini. Anda bahkan bisa menghemat penggunaan lahan dengan memasukkan 1.000 benih ikan lele sangkuriang ke dalam kolam yang berukuran 2 x 5 meter. Jadi Anda bakal lebih diuntungkan apabila membudidayakan ikan lele sangkuriang ketimbang ikan lele yang lain.

0 Response to "Inilah 5 Kelebihan Ikan Lele Sangkuriang"

Posting Komentar