3 Cara Mensterilkan Kolam Ikan yang Baru

Bagaimana cara mensterilkan kolam ikan yang baru dibuat? Perlu Anda ketahui, apapun jenis kolam yang Anda miliki, Anda wajib membuatnya steril terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuannya untuk menghilangkan zat-zat kimia yang terkandung di dalam bahan pembuat kolam yang kita pakai serta membuat kondisi kolam layaknya habitat alami ikan. Jika Anda nekat memasukkan ikan ke kolam tanpa melakukan sterilisasi terlebih dahulu, maka kami berani menjamin cepat atau lambat ikan-ikan tersebut akan mati karena keracunan.

Ada berbagai metode yang bisa ditempuh untuk membersihkan kolam ikan supaya kondisinya steril. Kebanyakan orang biasanya mencuci permukaan kolam, mengisi air, dan menguras sebanyak beberapa kali sehingga dirasakan kurang efektif. Padahal terdapat beberapa trik sederhana untuk mempercepat proses sterilisasi kolam ikan ini. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Berikut ini caranya!

cara-mensterilkan-kolam-ikan.jpg

Cara 1. Jadikan Tempat Sampah

Anda bisa meminta bantuan mikroba untuk menghilangkan kandungan zat-zat beracun yang terdapat di dalam kolam. Cukup dengan memasukkan sampah rumah tangga ke dalam kolam tersebut, lalu diamkan selama 5-7 hari. Biarkan terjadi pembusukan sampah untuk memicu pertumbuhan plankton. Zooplankton dan phytoplankton tersebut lantas akan memproses semua bahan beracun yang timbul di kolam. Setelah dirasakan cukup, Anda bisa membersihkan kolam tadi.

Cara 2. Gunakan Pupuk Nonorganik

Pada dasarnya, cara kedua ini sama seperti cara pertama. Tujuannya adalah menumbuhkan plankton yang akan berperan sebagai agen pembersih kolam. Anda bisa menggunakan salah satu pupuk yang akan ditaburkan ke kolam seperti pupuk Urea, pupuk NPK, dan pupuk TSP. Masukkan pupuk tersebut ke kolam secukupnya. Biarkan selama beberapa hari hingga permukaan kolam ditumbuhi lumut. Barulah kemudian Anda bisa melakukan pembersihan dengan mengurasnya sebanyak 2-3 kali.

Cara 3. Pakai Minyak Tanah

Kolam beton yang baru saja dibuat bisa diisi air sampai penuh terlebih dahulu, lalu biarkan selama sehari semalam. Kemudian buang semua air di dalam kolam tersebut. Setelah itu, oleskan minyak tanah ke seluruh permukaan kolam secara merata menggunakan kuas. Biarkan selama 5-8 jam. Langkah berikutnya adalah menghilangkan lapisan minyak tanah tadi dengan mencucinya sampai tak berbekas. Setelah agak kering, kolam bisa diisi dengan air dan dibiarkan selama sehari semalam. Keesokan harinya Anda bisa membuang air lama untuk digantikan dengan pengisian air baru lagi. Berikutnya cek apakah masih ada lapisan minyak di dalam air. Jika masih ada, Anda harus melakukan pembersihan kolam sekali lagi menggunakan getah dari pelepah pisang.

1 Response to "3 Cara Mensterilkan Kolam Ikan yang Baru"