Teknis Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

Mungkin saat ini Anda tertarik untuk melakoni usaha budidaya pembesaran ikan bawal air tawar? Kelebihan dari beternak ikan bawal yaitu tingkat pertumbuhannya yang cepat serta perawatannya pun cukup mudah karena tidak terlalu rumit. Bahkan prosentase kehidupan ikan bawal yang dibesarkan di kolam pendederan dan kolam pembesaran bisa mencapai lebih dari 90 persen. Selain itu, ikan bawal juga bisa dipelihara dengan kepadatan yang tinggi.

Usaha pembesaran ikan bawal air tawar sebaiknya dilakukan di dalam bangunan khusus (hatchery). Bangunan tersebut bisa bersifat permanen, semi permanen, atau non permanen asalkan dilengkapi dengan atap sebagai peneduh kolam ikan. Setiap bangunan ini selanjutnya dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk menjaga kondisi kolam ikan bawal agar tetap ideal bagi kehidupan ikan-ikan di dalamnya. Perhatikan pula tata letak penempatan kolam-kolam ikan supaya dapat memaksimalkan penggunaan ruang dan mempermudah pengelolaannya.

pembesaran-ikan-bawal.jpg

Kolam Penampungan Air Bersih

Kolam ini berfungsi untuk menampung air bersih supaya air selalu tersedia di lingkungan kolam. Kolam ini dibuat menggunakan beton/tembok dengan posisi yang lebih rendah dari sumber air sehingga gampang diisi. Bentuk dan ukuran kolam penampungan air bersih ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya bentuk yang dipakai adalah balok dengan ukuran 2 x 2 x 1 meter. Kolam ini dilengkapi dengan 3 buah saluran air yaitu saluran pengisian yang terhubung dengan sumber air, saluran penyaluran yang terhubung dengan kolam ikan, dan saluran pengurasan.

Kolam Pemberokan

Kegunaan kolam pemberokan ialah sebagai tempat karantina indukan ikan bawal yang sudah matang secara gonad dan sebentar lagi akan dipijahkan. Ukuran kolam ini sebaiknya tidak terlalu luas sehingga dapat memudahkan Anda nantinya pada saat akan menangkap ikan yang telah siap dipijahkan. Ukuran yang ideal sekitar 2 x 3 x 1,25 m hingga 4 x 4 x 1,5 m. Selanjutnya kolam pemberokan perlu dilengkapi dengan saluran pemasukan dan pengeluaran air. Buat air di kolam pemberokan terus mengalir secara kontinu sehingga ikan-ikan di dalamnya merasa lebih segar.

Kolam Pemijahan

Kolam pemijahan memiliki bentuk yang sama persis dengan kolam pemberokan. Hanya saja ukurannya lebih luas sekitar 4 x 4 x 1,5 m hingga 5 x 6 x 1,5 m. Kolam pemijahan juga dilengkapi dengan hapa sebagai sarana bagi ikan untuk meletakkan telurnya. Hapa ini selanjutnya kita hubungkan dengan atap kolam dari kawat dengan mengikatnya memakai tali sehingga nantinya gampang dikeluarkan dari kolam. Pada bagian saluran pemasukan air dilengkapi keran untuk mengatur debit air yang masuk. Sedangkan pada bagian saluran pengeluaran air dilapisi memakai kawat kasa untuk mencegah telur terbawa arus air.

Metode pembenihan ikan bawal dapat dikerjakan melalui dua cara yaitu induced breeding dan induced spawning. Pada proses pemijahan secara induced breeding, kolam pemijahan diisi dengan indukan ikan bawal betina yang telah disuntik hormon sampai induk tersebut mengeluarkan telur-telurnya. Berbeda dengan proses pemijahan secara induced spawning, di mana kolam pemijahan diisi dengan indukan ikan jantan dan ikan betina yang telah siap melakukan proses pemijahan.

Kolam Penetasan Telur

Telur ikan bawal yang telah dibuahi biasanya berwarna putih kekuningan dan memiliki bintik di tengah-tengahnya. Telur tersebut harus segera dipindahkan ke tempat penetasan telur khusus. Selain memakai akuarium sebagai tempat penetasan telur ikan bawal, Anda juga dapat memanfaatkan konikel dan corong dari kain terilin.

Kolam Pendederan

Kolam pendederan adalah kolam pemeliharaan larva-larva ikan bawal sampai tumbuh menjadi benih dan siap ditempatkan di kolam pembesaran. Ada dua kolam pendederan yang perlu disiapkan atau tergantung jumlah dan ukuran indukan ikan bawal yang dipijahkan. Kolam pendederan ini berbentuk persegi panjang yang mempunyai pintu pemasukan air dari paralon 5 inci dan pintu pengeluaran air berbentuk monik untuk mempercepat proses pengeringannya. Idealnya, luas kolam pendederan berkisar antara 500-1.000 m2.

Kolam Pembesaran

Di kolam pembesaran inilah benih ikan bawal akan dipelihara supaya ukurannya bertambah besar dan bobotnya semakin berat sehingga sesuai dengan permintaan pasar. Bentuk kolam ini sama seperti kolam-kolam sebelumnya dengan ukuran yang ideal sekitar 200-500 m2. Anda harus membuat kolam pembesaran yang jumlahnya banyak agar tingkat kepadatan ikan di dalamnya tetap terkontrol. Kegiatan pembesaran ikan bawal ini biasanya memakan waktu hingga mencapai 4-5 bulan. Itu sebabnya, pembuatan kolam pembesaran wajib dilakukan dengan sebaik-baiknya agar ikan bawal yang hidup di dalamnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

0 Response to "Teknis Budidaya Ikan Bawal Air Tawar"

Posting Komentar