Cara Membuat Kura-kura Menjadi Jinak

Bagaimana cara membuat kura-kura menjadi jinak? Hobi memelihara kura-kura kini mulai banyak disukai oleh orang-orang di Indonesia. Kura-kura dianggap sebagai binatang yang sangat unik. Berbeda dengan hewan air pada umumnya, kura-kura mempunyai tempurung yang membuatnya spesial. Ia menggunakan tempurung tersebut untuk bersembunyi dari para predator. Keunikan dari kura-kura inilah yang menjadi alasan paling kuat kenapa seseorang tertarik untuk merawatnya.

Anda bisa membeli kura-kura air tawar di toko binatang peliharaan terdekat. Harganya berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 5 juta tergantung jenis spesiesnya. Kami sarankan hindari memelihara spesies kura-kura yang terancam punah. Faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu asal usul kura-kura tersebut. Apakah kura-kura yang akan Anda beli merupakan hasil penangkaran atau penangkapan langsung di alam. Kura-kura yang baru ditangkap di alam memiliki perangai yang liar sehingga lebih sulit untuk dipelihara.

kura-kura-menjadi-jinak.jpg

Walaupun tidak sepintar anjing atau kucing, faktanya kura-kura juga bisa dibuat menjadi jinak dan penurut apabila terus dilatih secara rutin. Di bawah ini langkah-langkahnya!

  1. Kura-kura peliharaan Anda wajib diberikan nama khusus yang baik sebagai identitasnya. Biasakan memanggil kura-kura Anda dengan nama panggilannya agar dia semakin paham. Kura-kura umumnya memiliki kepekaan yang cukup tinggi terhadap bunyi. Anda bisa mencoba memanggil nama kura-kura tersebut sambil menjentikkan jari tangan supaya ia menoleh ke Anda.
  2. Semua hewan peliharaan harus diajak bermain setiap hari, termasuk kura-kura. Cara bermain yang paling sederhana ialah meletakkan kura-kura di tempat yang lapang sembari Anda mendekatkan mainan ke arahnya. Usahakan jangan buat gerakan tiba-tiba sebab akan mengagetkan kura-kura tadi dan membuatnya stres. Sesekali boleh juga berikan camilan seperti potongan daging, ikan segar, dan sayuran untuk membuatnya nyaman.
  3. Anda harus berani memegang sendiri kura-kura yang Anda miliki. Meskipun pada awalnya merasa takut dan kelihatan geli, tetapi kura-kura tidak seseram apa yang Anda kira. Binatang ini sangat jinak serta siapa pemiliknya. Pemilik yang baik akan memegang kura-kura dengan sepenuh hati. Jangan mengangkat kura-kura terlalu tinggi sebab akan membuatnya ketakutan. Kura-kura yang Anda pegang pun sama sekali tidak boleh jatuh karena tempurungnya bisa retak atau bahkan pecah.
  4. Kalau Anda sudah mulai terbiasa dengan kura-kura, cobalah menyuapinya makanan. Biasanya kura-kura paling doyan dengan potongan-potongan daging dan ikan. Kalau bisa, hindari memberi pakan berupa daging mentah karena bisa menimbulkan penyakit cacingan. Menyuapi makanan dengan tangan (hand feeding) merupakan salah satu trik paling ampuh untuk membuat hubungan Anda dan kura-kura makin dekat.
  5. Jika Anda sedang mempunyai waktu luang yang cukup banyak, keluarkanlah kura-kura dari kandangnya. Biarkan ia menyusuri seluruh sudut rumah sambil terus diawasi. Berhati-hatilah karena anjing, kucing, dan tikus suka memangsa kura-kura. Bila Anda sampai lengah, niat baik Anda untuk membuat kura-kura tersebut bisa jalan-jalan malah berujung malapetaka. Ingatkan pula seluruh anggota keluarga agar jangan sampai menginjaknya.
  6. Buatlah kura-kura mengerti bahwa Anda begitu menyayanginya. Caranya bisa dilakukan dengan merawatnya sepenuh hati. Berikanlah makanan yang layak sesuai kebutuhannya. Anda juga perlu memandikan kura-kura tersebut serta menyikati seluruh bagian tubuhnya. Biarkan pula kura-kura berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk membuat tempurungnya semakin kuat.
  7. Kura-kura juga bisa dilatih dengan perintah tertentu supaya dia menuruti kehendak Anda. Walaupun melatih kura-kura ini cukup sulit, namun kalau Anda telaten tak ada yang tidak mungkin. Latihan pertama yang harus dikuasai ialah kura-kura mendekat begitu dipanggil namanya. Kemudian lakukan bentuk latihan yang lain seperti naik, diam, dan bersembunyi. Berikanlah ia camilan setiap kali berhasil menuruti perintah Anda. Kalau sudah mahir sekali, kura-kura bahkan bisa dilatih untuk bersalaman.

0 Response to "Cara Membuat Kura-kura Menjadi Jinak"

Posting Komentar