Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin

Apakah ikan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil? Kehamilan adalah momen yang paling diidamkan oleh semua wanita di dunia. Sebab pada masa tersebut kita sebentar lagi akan melihat si jabang bayi buah cinta dengan suami. Itu sebabnya, para calon ibu ini pun menjaga masa kehamilannya sebaik mungkin. Termasuk soal makanan, mereka akan lebih selektif dalam memilih makanan yang sekiranya bagus untuk janin yang dikandungnya.

Ada salah satu bahan pangan yang sangat baik buat ibu hamil yaitu ikan. Ikan banyak memiliki protein dan mineral yang dapat mendukung pertumbuhan janin di dalam perut. Bahkan ada beberapa jenis ikan yang akan membuat bayi menjadi pintar jika ibunya rutin mengonsumsi ikan tersebut. Anda pun tentunya menginginkan manfaat ikan yang seperti ini. Harapannya nanti bayi yang lahir akan selamat, sehat, dan berguna untuk dunia.

ikan-untuk-ibu-hamil.jpg

Adapun jenis-jenis ikan yang diketahui memiliki manfaat bagus buat janin bayi di antaranya :

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk salah satu ikan yang paling sering direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya nutrisi yang ada di dalam ini begitu melimpah. Ikan salmon mempunyai asam lemak Omega 3, DHA, dan EPA yang bagus untuk perkembangan janin Anda. Ketiga zat tersebut berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan neurologis dan penglihatan.

  1. Ikan Cod

Ikan yang bagus dimakan oleh ibu hamil selanjutnya ialah ikan cod. Ikan ini banyak sekali mengandung omega 3. Sehingga apabila Anda rutin mengonsumsi ikan cod selama kehamilan, niscaya bayi yang lahir pun akan memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Selain itu, protein yang ada di dalam ikan cod juga dapat mendukung pertumbuhan janin sehingga setelah lahir nanti menjadi sehat dan kuat.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna tinggal di lingkungan perairan laut yang sangat dalam. Artinya ikan ini tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang biasa ada di permukaan laut seperti merkuri. Ikan tuna merupakan sumber penting protein dan nutrisi lainnya yang penting untuk perkembangan janin. Hindari mengonsumsi ikan-ikan yang diketahui tinggi kadar merkurinya yaitu ikan hiu, ikan todak, ikan marlin, dan ikan sarden.

  1. Ikan Teri

Ukurannya yang kecil memungkinkan kita bisa memakan ikan teri langsung dengan tulang-tulangnya. Seperti kita tahu, tulang ikan adalah sumber kalsium yang sangat tinggi. Ikan teri juga kaya akan kandungan protein, zat besi, dan fosfor. Anda yang mengharapkan jabang bayi memiliki tubuh yang sehat, kuat, dan aktif bisa membiasakan diri memakan ikan teri.

  1. Ikan Mas

Ikan mas cukup sulit dipelihara sebab ikan ini hanya mau hidup di perairan yang bersih. Ini artinya daging ikan mas tidak tercemar oleh zat-zat berbahaya. Ikan mas juga banyak menyimpan protein, lemak, fosfor, dan protein. Jadi sebaiknya Anda rutin mengonsumsi ikan mas biar pertumbuhan janin di dalam perut menjadi lancar. Ikan mas paling enak dan sehat kalau dimasak dengan cara dikukus.

0 Response to "Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin"

Posting Komentar