Tiga Ikan yang Banyak Mengandung Omega 3

Apakah ikan yang banyak mengandung omega 3? Ikan adalah bahan makanan yang memiliki kandungan protein, asam lemak omega 3, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Zat-zat ini sangat berguna bagi tubuh, terutama omega 3. Faktanya yaitu sistem metabolisme kita tidak mampu memproduksi asam lemak esensial ini. Asam lemak tak jenuh ganda (omega 3) sendiri terbentuk dari gabungan beberapa asam lemak meliputi ALA, EPA, dan DHA.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan apabila Anda rajin mengonsumsi omega 3 setiap hari. Di antaranya membantu perkembangan otak dan memori, mencegah penyakit jantung, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol, serta meredakan depresi. Ibu hamil dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan omega 3 supaya bayi yang terlahir nanti sehat dan lebih cerdas. Sedangkan bagi anak-anak, omega 3 bagus untuk mendukung perkembangan otaknya.

ikan-yang-banyak-omega-3.jpg

Di bawah ini tiga jenis ikan yang paling banyak kandungan omega 3 di dalamnya!

  1. Ikan Makarel

Ikan makarel mencakup semua ikan yang termasuk dalam anggota famili Scombridae. Jadi ikan tenggiri dan ikan kembung pun dapat disebut sebagai ikan makarel. Sebagai ikan pelagis, makarel biasanya hidup di lautan lepas. Ikan ini tersebar mulai dari perairan tropis sampai ugahari. Bahkan ikan makarel sirip biru dapat bertahan hidup di perairan yang dingin sebab mampu menaikkan suhu tubuhnya.

Ikan makarel mempunyai nilai ekonomis yang sedang, tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Ikan ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, lalu disajikan bersama saus cabai atau saus tomat. Beberapa pabrik pembuatan makanan kaleng juga kerap memanfaatkan ikan makarel untuk dibuat menjadi sarden. Ikan ini mengandung banyak omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu kelompok di dalam famili Salmonidae. Ikan ini tinggal di Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Ikan salmon akan melakukan migrasi untuk berkembang biak. Ikan ini lahir di air tawar, lalu tumbuh besar di lautan, kemudian balik lagi ke perairan tawar untuk bereproduksi. Kebiasaan hidup seperti ini kurang lebih sama seperti ikan bandeng.

Karena merupakan produk impor, jangan heran kalau harga ikan salmon ini amat mahal. Ikan salmon biasanya digoreng, dipanggang, atau dikukus supaya tekstur dagingnya terasa lebih lembut. Bahkan beberapa orang pun suka menikmati daging ikan salmon mentah. Tahukah Anda, di dalam 3 ons daging ikan salmon tersimpan omega 3 yang berkisar antara 700-1800 mg.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna terdiri dari beberapa spesies yang tergolong famili Skombridae di genus Thunnus. Sehingga ikan tongkol dan ikan cakalang masih memiliki kekerabatan yang dekat dengan ikan ini. Ikan tuna merupakan salah satu perenang paling handal sebab kecepatannya bisa mencapai 77 km/jam. Ada pula beberapa spesies tuna yang mampu menaikkan suhu tubuhnya sehingga bisa tinggal di perairan yang lebih dingin.

Daging ikan tuna mempunyai warna antara merah muda sampai merah tua. Penyebabnya yaitu banyaknya kandungan mioglobin di dalam daging tersebut. Paling enak, ikan tuna dimasak melalui proses penggorengan atau pemanggangan. Jika dibandingkan dengan ikan salmon dan ikan makarel, kandungan omega 3 pada ikan tuna jauh lebih banyak.

0 Response to "Tiga Ikan yang Banyak Mengandung Omega 3"

Posting Komentar