Tips Memindahkan Ikan dari Plastik ke Akuarium

Anda tidak boleh sembarangan dalam memindahkan ikan dari plastik ke akuarium. Pasalnya hal ini berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses adaptasi yang dilakukan oleh ikan tersebut terhadap lingkungan barunya. Ikan yang gagal menyesuaikan diri akan menjadi stres hingga akhirnya mati. Sudah menjadi tugas wajib Anda sebagai pemilik untuk membantu ikan-ikan yang baru dibeli supaya lebih gampang beradaptasi.

Sebenarnya tidak susah-susah amat kok untuk mengadaptasikan ikan di akuarium barunya. Kunci utamanya ialah Anda harus telaten dan sabar. Ikan butuh waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan diri karena mereka termasuk binatang berdarah dingin. Secara perlahan-lahan, Anda bisa mengondisikan air di plastik seperti di akuarium. Kemudian setelah kondisi air di kedua tempat ini hampir sama silakan pindahkan ikannya.

cara-memindahkan-ikan-akuarium.jpg

Di bawah panduan langkah-langkah selengkapnya yang bisa Anda coba!

  1. Pastikan kondisi akuarium sudah layak digunakan sebagai tempat tinggal ikan. Anda tidak boleh menggunakan akuarium yang baru dibuat langsung dipakai memelihara ikan karena masih tercemar bahan kimia dari lem. Akuarium tersebut harus dicuci dan dijemur terlebih dahulu minimal sebanyak 3 kali secara berulang-ulang. Selain itu, akuarium juga perlu dilengkapi dengan alat bantu seperti aerator dan filtrasi. Kalau perlu, Anda bisa menambahkan water heater untuk mendukung ikan yang susah beradaptasi.
  2. Ikan yang baru Anda terima bisa diletakkan terlebih dahulu bersama kantung plastiknya di ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Setengah jam kemudian taruh plastik berisi ikan ini ke akuarium. Biarkan plastik tersebut tetap terendam selama 1-2 jam tergantung jarak perjalanan dari lokasi asalnya. Selama masa adaptasi, kondisi ruangan harus tetap tenang.
  3. Langkah berikutnya coba masukkan air dari akuarium ke kantung plastik hingga tinggi permukaan airnya bertambah 5 cm. Lalu biarkan selama 5-10 menit untuk membiarkan ikan menyesuaikan diri. Kemudian tambah lagi air dari akuarium ke plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Begitu seterusnya dilakukan berulang-ulang hingga volume air asal sama dengan air yang ditambahkan dari akuarium.
  4. Cobalah periksa suhu air di yang ada di dalam plastik. Lalu cek juga suhu air di akuarium. Kalau selisih suhu air keduanya kurang dari 1 derajat celsius, Anda bisa mulai merilis ikan tersebut. Bukalah tali pengikat plastik, kemudian miringkan posisi plastik tersebut. Biarkan ikan berenang sendiri ke akuarium yang menjadi tempat tinggal barunya.
  5. Ikan yang baru dipindahkan tidak boleh diberikan pakan setidaknya dalam 24 jam ke depan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran ikan tersebut. Ikan yang memiliki panjang tubuh sekitar 15-20 cm harus dipuasakan selama 1-2 hari, ikan yang berukuran 25-30 cm wajib berpuasa selama 2-3 hari, serta ikan yang ukurannya lebih dari 30 cm sebaiknya dibiarkan berpuasa selama lebih dari 3 hari. Tujuan dari dilakukannya puasa ini adalah untuk menaikkan suhu tubuh ikan tersebut sehingga memudahkannya beradaptasi.

0 Response to "Tips Memindahkan Ikan dari Plastik ke Akuarium"

Posting Komentar