Cara Memberanikan Ikan Cupang Bertarung

Bagaimana cara memberanikan ikan cupang bertarung? Ikan cupang selain menjadi ikan hias yang sangat indah, ikan ini juga dapat dijadikan sebagai ikan aduan. Hal ini tidak terlepas dari perangai ikan cupang yang sangat garang dalam menjaga daerah kekuasaannya. Ikan ini tidak segan-segan melakukan perlawanan sengit terhadap ikan-ikan cupang lain yang berusaha memasuki wilayahnya.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemenangan ikan cupang jagoan Anda adalah mental. Ikan cupang yang pemberani mampu menghadapi ikan cupang lain dengan ukuran yang lebih besar sekalipun. Soal menang atau kalah itu urusan belakangan. Sifat pemberani harus dimiliki oleh ikan cupang peliharaan Anda biar tidak merasa percaya diri dan tidak minder saat berada di arena.

Tahukah Anda kalau sifat pemberani pada ikan cupang bisa ditumbuhkan sedari kecil. Tugas Anda sebagai pemilik wajib melatih ikan tersebut supaya mempunyai mental pemberani. Tetapi bagaimana caranya?

cara-memberanikan-ikan-cupang.jpg

  1. Biarkan semua ikan cupang menunjukkan sikap agresivitas yang dimilikinya setiap kali Anda mengganti air di dalam akuarium. Caranya keluarkan semua sekat akuarium tersebut dan biarkan ikan-ikan cupang di dalamnya bertemu satu sama lain selama beberapa saat. Setelah dirasakan sudah cukup, silakan bawa akuarium tadi ke tempat penggantian air.
  2. Siapkan sebuah baskom yang berukuran sedang. Isilah baskom tersebut dengan air hingga ketinggiannya mencapai 10 cm dari bagian dasar. Setelah itu, masukkan 2 ekor ikan cupang ke dalamnya. Biarkanlah kedua ikan tersebut saling berhadapan satu sama lain serta bertarung selama beberapa menit. Setelah ikan mengalami luka, barulah Anda bisa menyudahi pertandingannya.
  3. Silakan isi akuarium dengan air seperti biasanya. Masukkan ikan-ikan cupang ke dalam akuarium tersebut. Biarkan semua ikan berhadapan kembali sejenak hingga tubuhnya kelihatan bersinar/mengkilap. Berikutnya Anda bisa memasang penyekat akuarium untuk memisahkan semua ikan cupang. Jangan lupa sebelum ditinggalkan Anda harus memberi pakan secukupnya.
  4. Ikan cupang peliharaan Anda butuh perhatian setiap hari. Kalau perlu, Anda bisa membiarkan ikan-ikan tersebut bertarung sejenak setiap kali Anda mempunyai waktu luang untuk mengawasinya. Boleh juga diuji coba tarung dengan ikan cupang milik teman. Yang penting dalam latihan tersebut jangan sampai ada ikan cupang yang kalah. Secara berkala, temukan ikan cupang tersebut dengan lawan yang ukurannya lebih besar.
  5. Kemampuan beradaptasi ikan cupang juga perlu dilatih agar kesehatannya tetap terjaga dan tidak gampang drop. Caranya cukup dilakukan dengan memindahkan lokasi penempatan akuarium secara berkala. Kadang-kadang Anda bisa meletakkan akuarium tadi di tempat yang sepi, ramai, berisik, terang, gelap, panas, dingin, dan sebagainya. Ikan yang mempunyai fisik yang kuat bisa diadu lebih cepat.
  6. Begitu pula dengan kemampuan berenang ikan pun perlu mendapatkan perhatian serius. Anda harus melatih supaya ikan tersebut bisa berenang lebih cepat. Ikan yang pandai berenang terbukti memiliki daya pukul yang sangat baik ketika bertarung. Latihan bisa dilakukan dengan memasukkan ikan ke dalam akuarium khusus yang telah dilengkapi saluran air masuk dan keluar. Jadi selam latihan, Anda bisa membuat air di akuarium tersebut mempunyai arus yang cukup kuat.
  7. Kekuatan ikan cupang bisa ditingkatkan melalui pemberian pakan yang mengandung nutrisi tinggi. Jentik nyamuk merupakan pakan yang sangat baik untuk ikan cupang karena dapat mengeraskan lapisan kulitnya. Sebisa mungkin jemurlah ikan cupang setiap sekali per minggu di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran selama seharian penuh ini bagus sekali untuk menguatkan tulangnya serta memicu perangainya agar tidak takut cahaya dan keramaian.

0 Response to "Cara Memberanikan Ikan Cupang Bertarung"

Posting Komentar