Cara Mengobati Ikan yang Sakit secara Alami

Bagaimana cara mengobati ikan yang sakit? Ikan-ikan yang Anda budidayakan tidak selamanya dalam kondisi yang sehat. Ada suatu saat ketika ikan tersebut jatuh sakit dikarenakan penyebab-penyebab tertentu. Ikan yang sedang sakit tadi harus mendapatkan penanganan yang tepat dalam waktu secepatnya. Kesalahan atau keterlambatan dalam memberikan pengobatan justru akan menyebabkan penyakitnya semakin parah.

Beruntung bagi Anda yang membudidayakan ikan di daerah maju, di mana Anda bisa dengan mudah mendapatkan obat-obatan untuk ikan secara lengkap. Tetapi bagaimana jika Anda tinggal di daerah terpencil dengan obat-obatan yang sulit diperoleh? Tidak usah terlalu khawatir sebab beberapa penyakit ikan dapat diobati menggunakan ramuan herbal. Dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan tertentu, Anda sudah bisa membuat sendiri obat untuk ikan yang sakit.

Tahukah Anda, bahan antibiotik yang sangat bagus khususnya untuk ikan air tawar bisa dibuat menggunakan bawang putih dan daun ketapang. Beberapa petani ikan juga menyebutkan kalau daun sirih, daun jambu biji, daun jombang, serta daun sambiloto memiliki kegunaan yang sama. Daun sirih diketahui bersifat antioksidasi, antiseptik, bakterisida, dan fungisida. Sedangkan daun sambiloto dan daun jambu biji bersifat antibakteri dan antiviral.

cara-mengobati-ikan-sakit.jpg

Beberapa tanaman yang berkhasiat untuk ikan yang sakit serta dosis, perlakuan, dan khasiatnya bisa Anda perhatikan berikut ini!

  1. Daun Meniran

Daun meniran adalah daun yang sangat bagus untuk mendukung kesehatan ikan. Anda bisa menggunakan air rendaman daun ini untuk menyembuhkan ikan yang terserang penyakit Aeromonas hydrophila. Caranya yaitu masukkan 5 gram daun meniran ke dalam 1 liter air. Rendamlah daun meniran tersebut selama 5 jam. Ikan yang hendak diobati sebaiknya dipuasakan terlebih dahulu selama 2 hari.

  1. Daun Kipahit

Daun kipahit ternyata mampu menanggulangi penyakit Mycobacteriosis. Pada level konsentrasi 10.000 mg/L, air rendaman daun kipahit mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Untuk mengobati ikan yang tengah dilanda penyakit Mycobacteriosis, Anda bisa mengambil 10 gram daun kipahit kemudian merendamnya di 1 liter air selama 3 jam. Setelah itu, air rendaman bisa dituangkan ke kolam.

  1. Daun Kamboja

Daun bermanfaat lainnya yang memiliki khasiat baik untuk ikan yaitu daun kamboja. Daun kamboja ini mempunyai sifat anti Aeromonas hydrophila sehingga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit pada ikan. Adapun untuk membuat obat herbal menggunakan daun ini dilakukan dengan merendam daun kamboja sebanyak 600-700 mg ke dalam 1 liter air.

  1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto tidak hanya bagus untuk kesehatan manusia, tetapi baik pula bagi kesehatan ikan-ikan yang Anda pelihara. Daun sambiloto mempunyai sifat antibakteri yang akan mendukung kesehatan ikan peliharaan Anda. Air rendaman daun sambiloto dengan dosis 200-300 mg/L dapat mengobati penyakit Aeromonas hydrophila. Sementara itu, air rendaman daun sambiloto dengan dosis 400 mg/L dapat membantu meringankan penyakit KHV.

Khusus untuk menyembuhkan penyakit-penyakit pada ikan yang disebabkan oleh jamur, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sering kita gunakan sehari-hari. Di antaranya meliputi bawang putih, daun pepaya, daun brotowali, daun sirih, dan kunyit. Bahan-bahan alami tersebut terbukti sangat ampuh dalam membasmi penyakit-penyakit jamur/cendawan yang menempel pada permukaan tubuh ikan.

0 Response to "Cara Mengobati Ikan yang Sakit secara Alami"

Posting Komentar