5 Pakan Alternatif Ikan Gabus yang Bergizi Tinggi

Anda mungkin sedang mencari ide pakan alternatif ikan bagus yang bergizi tinggi? Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang sering dikonsumsi karena mempunyai daging yang cukup tebal dan rasanya gurih. Daging ikan gabus juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang terbentuk pasca-operasi. Sayangnya keberadaan ikan gabus saat ini mulai langka karena saking banyaknya sungai yang tercemar oleh limbah. Oleh karena itu, beberapa orang pun mencoba peruntungan dengan membudidayakan ikan gabus.

Mungkin Anda juga termasuk salah satu petani yang sudah memelihara ikan gabus? Ikan ini memang cukup mudah dibudidayakan karena daya tahan tubuhnya sangat baik seperti ikan lele. Ikan gabus bisa Anda tempatkan di kolam tanah, kolam beton, atau kolam terpal. Soal manajemen air tidak terlalu menjadi masalah yang serius. Asalkan airnya tidak tercemar, maka ikan gabus pasti bisa hidup dengan baik di kolam tersebut. Namun tentu saja kualitas air yang bersih juga akan mempercepat pertumbuhan ikan ini.

Anda bisa menggunakan pelet sebagai makanan utama ikan gabus. Pelet mengandung nilai gizi yang tinggi serta kaya akan protein yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan gabus menjadi besar. Tetapi kalau anggaran yang Anda miliki terbatas, pakailah pakan alternatif untuk menghemat biaya produksi. Pilih pakan alternatif yang harganya lebih murah, mudah didapat, dan disukai oleh ikan gabus. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pakan tersebut juga wajib diperhatikan dengan baik.

pakan-alternatif-ikan-gabus.jpg

Di bawah ini macam-macam pakan alternatif yang sangat bagus bagi pertumbuhan ikan gabus!

  1. Keong Sawah

Seperti kita tahu, habitat asli ikan gabus berada di sungai dan persawahan. Di tempat tersebut, ikan gabus biasanya mengonsumsi ikan-ikan kecil serta keong. Kalau Anda saat ini tengah membudidayakan ikan gabus, cobalah memberikannya keong. Ikan-ikan gabus peliharaan Anda pasti akan memakannya dengan lahap. Keong banyak mengandung protein yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan. Sebelum diberikan, daging keong harus digiling terlebih dahulu sampai halus. Namun untuk ikan gabus yang sudah cukup besar, pemberian daging keong bisa dalam keadaan utuh.

  1. Bekicot

Bekicot sangat jauh berbeda dengan keong. Bekicot terbiasa hidup di daratan, sedangkan keong tinggalnya di perairan. Perbedaan lengkap antara bekicot dan keong bisa Anda baca di sini. Ikan gabus ternyata juga sangat menyukai daging bekicot loh. Daging bekicot yang dicincang halus mampu mengeluarkan aroma amis yang dapat menarik perhatian ikan gabus untuk segera memakannya. Bekicot memang sudah dikenal sebagai pakan alternatif beberapa ikan karena dapat mempercepat pertumbuhan berkat banyaknya protein yang terkandung di dalamnya.

  1. Ikan Rucah

Anda tak perlu repot-repot mencari ikan rucah sendiri di lautan. Ikan ini banyak dijual di tempat pelelangan ikan dengan harga yang sangat murah. Tidak banyak orang yang suka memakan ikan rucah sebab durinya sangat banyak. Padahal kandungan protein dan kalsium di ikan ini tinggi sekali loh. Itu sebabnya, ikan rucah layak dijadikan sebagai pakan alternatif bagi ikan gabus. Anda bisa memberikan ikan rucah dalam kondisi utuh kepada ikan gabus. Jika ukurannya cukup besar, tidak ada salahnya untuk memotong ikan tersebut supaya dapat dimakan ikan dengan mudah.

  1. Nasi Aking

Perlu Anda ketahui, ikan gabus merupakan binatang omnivora. Jadi ikan ini juga doyan memakan nasi walaupun tidak terlalu lahap dalam menghabiskannya. Nasi adalah sumber karbohidrat yang sangat tinggi, tetapi minim protein. Mengingat harga beras yang cukup mahal, Anda harus menggunakan nasi aking sebagai pakan ikan gabus. Rendamlah nasi aking tersebut terlebih dahulu di dalam air secukupnya agar teksturnya menjadi lunak. Barulah kemudian Anda bisa memberikannya kepada ikan-ikan gabus.

  1. Udang

Meskipun harganya di pasaran tergolong cukup mahal, tetapi udang juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif bagi ikan gabus. Anda tidak boleh setiap hari memberikan udang sebab dapat memicu biaya produksi semakin meningkat. Udang hanya diberikan untuk mengembalikan nafsu makan ikan yang menurun. Jika Anda melihat ikan malas-malasan dalam memakan pakan yang diberikan untuknya, hal tersebut menandakan kalau ikan sedang tidak bernafsu makan. Daging udang yang digiling halus bisa menjadi solusi agar ikan gabus bersemangat lagi dalam menghabiskan makanannya.

0 Response to "5 Pakan Alternatif Ikan Gabus yang Bergizi Tinggi"

Posting Komentar