Membuat Maggot untuk Alternatif Pakan Ikan

Kebanyakan para pelaku budidaya ikan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pakan buatan pabrik. Padahal harga pakan tersebut sangat mahal sehingga dapat memicu biaya produksi semakin tinggi. Kondisi ini diperparah dengan belum ditemukannya pakan alternatif yang mampu menggantikan pakan pabrikan. Pakan-pakan alternatif untuk ikan yang ada selama ini mempunyai nilai gizi yang tidak selengkap pakan pabrik. Jadi untuk keperluan tertentu, mau tidak mau para petani harus menggunakan pakan buatan ini.

Salah satu pakan alternatif yang kualitasnya menyerupai pakan pabrikan ialah probiotik alami. Ini merupakan kumpulan dari mikroorganisme yang jumlahnya sangat banyak hingga tak terhitung lagi. Probiotik alami dihasilkan dari bahan-bahan alami tanpa penggunaan unsur kimia apapun. Manfaatnya bagi ikan yaitu mendukung pertumbuhan sekaligus kesehatannya. Bahan ini akan mengontrol populasi mikroorganisme jahat sehingga jumlah mikroorganisme baik pun mendominasi kolam.

Pemberian pakan berupa campuran probiotik alami, Azolla microphylla, dan mikroorganisme air akan membuat pertumbuhan dan kesehatan ikan peliharaan terjaga dengan baik serta menurunkan tingkat kematiannya. Ikan yang dihasilkan pun mempunyai kualitas yang lebih baik, tubuhnya lebih padat, daging lebih kesat, teksturnya kenyal, dan tidak mengalami penyusutan bobot. Sehingga Anda dapat memanfaatkan pakan yang satu ini sebagai alternatif pakan ikan terbaik.

membuat-maggot-pakan-ikan.jpg

Anda bisa membuat maggot dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • 250 ml starter probiotik organik
  • 250 gram gula merah yang dicairkan dengan 500 cc air
  • 10 kg kepala ikan laut atau udang
  • 20 gram jahe, temulawak, dan lengkuas
  • 5 siung bawang merah
  • 3 kg jagung giling
  • 10 kg ubi jalar
  • 1 kg mentimun
  • 10 kg dedak
  • 1 kg tomat
  • 1 sdt merica bubuk

Cara Membuat :

  1. Siapkan mesin penggiling yang bisa Anda beli di www.alatperabotan.com. Gilinglah kepala ikan atau udang sampai ukurannya menjadi sangat halus.
  2. Kukus ubi jalar hingga matang dan teksturnya menjadi empuk. Setelah itu, biarkan kurang lebih selama 8 jam supaya suhunya dingin. Barulah kemudian Anda bisa menggilingnya sampai halus.
  3. Masukkan gilingan kepala ikan/udang, gilingan ubi jalar kukus, dan dedak halus ke dalam suatu wadah. Berikutnya aduk bahan-bahan tersebut agar tercampur secara merata. Kita sebut ini campuran pertama.
  4. Siapkan blender. Masukkan mentimun dan tomat ke dalamnya. Lalu tambahkan starter probiotik organik dan cairan gula merah. Proses sampai bahan-bahan ini menjadi halus dan tercampur rata. Kita sebut ini campuran kedua.
  5. Tumbuklah jahe, temulawak, lengkuas, bawang putih, dan merica sampai halus. Setelah itu, pindahkan hasil tumbukannya ke dalam campuran kedua. Silakan aduk sampai merata.
  6. Gabungkan menjadi satu antara campuran pertama dan campuran kedua ke dalam suatu wadah kontainer yang tertutup rapat. Jangan lupa untuk memastikannya semua bahannya sudah tercampur rata.
  7. Simpan kontainer tersebut pada ruangan yang suhunya normal dan stabil. Biarkan sampai tumbuh maggot dalam jumlah yang cukup banyak dan berkembang hingga dewasa.
  8. Pemanenan dapat dilakukan setelah populasi maggot di dalam kontainer terebut sudah banyak dan ukurannya pun besar. Berikan pakan alternatif ini sebagai pengganti pelet ikan dengan jumlah yang secukupnya.

0 Response to "Membuat Maggot untuk Alternatif Pakan Ikan"

Posting Komentar