Cara Memelihara Ikan Nila supaya Cepat Besar

Bagaimana cara memelihara ikan nila supaya cepat besar? Ikan nila masih sangat menggoda para petani ikan untuk membudidayakannya. Pasalnya ikan ini mempunyai harga jual yang sangat baik dengan tingkat permintaan yang begitu tinggi. Selain itu, memelihara ikan nila juga tidak terlalu sulit karena daya tahan dan kemampuan beradaptasinya sangat baik. Ikan nila biasa dipelihara di tambak atau kolam-kolam beton yang dibuat khusus untuknya.

Selain dari prosentase ikan yang hidup, keberhasilan dalam membudidayakan ikan nila juga dipengaruhi oleh kecepatan ikan tersebut untuk tumbuh besar. Semakin cepat ikan peliharaan Anda tumbuh menjadi ikan yang layak konsumsi, maka semakin cepat pula Anda bisa melakukan pemanenan. Ini artinya perputaran uang yang Anda miliki semakin cepat sehingga keuntungan yang Anda peroleh pun pasti akan semakin besar.

ikan-nila-cepat-besar.jpg

Lantas pertanyaannya adalah bagaimana caranya membuat pertumbuhan ikan nila menjadi lebih cepat? Kami mempunyai tiga cara yang terbukti ampuh untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Di antaranya yaitu :

  1. Memberikan Tambahan Probiotik

Ibarat manusia yang membutuhkan suplemen dan multi-vitamin tambahan untuk mempercepat pertumbuhannya, demikian pula dengan ikan. Bedanya adalah ikan memerlukan probiotik tambahan. Probiotik ini memiliki kandungan gizi yang melimpah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ikan nila. Anda bisa membeli probiotik tersebut di toko perikanan terdekat dengan harga yang bervariasi. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera di kemasannya supaya pemakaiannya tidak berlebihan.

  1. Memotong Sirip Ekor

Percaya atau tidak, memotong sirip ekor terbukti mampu mempercepat pertumbuhan pada ikan nila. Namun tidak seluruh bagian dari sirip ekor ini dipotong sampai habis. Anda hanya perlu memotong sedikit saja menggunakan peralatan yang tajam, bersih, dan steril. Hati-hati saat mengerjakannya agar tidak melukai bagian ikan yang lain. Anda harus memahami bahwa proses ini sangat rumit dengan potensi tingkat kematian cukup tinggi. Jadi kami akan membahasnya secara terpisah di artikel yang akan datang.

  1. Memberikan Pakan yang Bergizi

Pakan buatan pabrik sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mencukupi kebutuhan gizi pada ikan nila mengingat kandungan nutrisi di dalamnya yang melimpah. Pakan ini juga sangat praktis digunakan dan memiliki informasi yang akurat. Sayangnya harga pelet tersebut cukup mahal dan terus mengalami kenaikan sehingga memberatkan para petani jika memakainya. Sedangkan harga jual ikan di tingkat petani tetap stabil cenderung mengalami penurunan.

Mau tak mau Anda harus tetap memberikan pakan yang bergizi tinggi supaya ikan nila yang dipelihara cepat tumbuh besar. Salah satu upaya untuk menekan biaya pakan ialah memanfaatkan makanan sisa dan roti kadaluwarsa. Makanan-makanan ini merupakan limbah rumah tangga atau rumah makan yang tidak habis dimakan oleh manusia. Anda bisa mencoba mengumpulkan limbah tersebut dari lingkungan sekitar untuk kemudian diberikan kepada ikan nila.

0 Response to "Cara Memelihara Ikan Nila supaya Cepat Besar"

Posting Komentar