6 Penyebab Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan Pancing

Apakah penyebab ikan mas tidak mau makan umpan pancing? Bagi penggemar aktivitas memancing seperti Anda, ikan mas sudah terkenal memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Ikan ini seolah-olah terus merasa lapar sehingga terus memakan pakan yang diberikan kepadanya. Ikan mas akan selalu memakan makanan-makanan apapun yang diberikan kepadanya. Maka dari itu, Anda selalu bersemangat kalau memancing ikan mas.

Anda yakin betul jika aktivitas memancing ikan mas di hari itu akan mendapatkan hasil yang melimpah. Hal ini didukung oleh lemparan kail pertama Anda yang langsung sukses disambar ikan mas. Kemudian Anda pun mencoba mengadu nasib lagi dengan melemparkan umpan di tempat yang sama. Lagi tak menunggu waktu lama Anda sudah memperoleh hasilnya. Namun kenapa lemparan Anda yang ketiga, keempat, dan seterusnya tak kunjung dimakan ya?

ikan-mas-tidak-makan-umpan.jpg

Terdapat beberapa alasan yang kerap menyebabkan ikan mas berhenti atau tidak mau lagi memakan umpan pancing yang Anda berikan. Di antaranya yaitu :

Penyebab 1. Umpan Kurang Menarik Perhatian

Anda harus membuat umpan pancing yang mampu menarik perhatian seluruh ikan mas. Terlebih bila Anda memancingnya di kolam pemancingan umum. Jangan biarkan ikan-ikan tersebut lebih tergoda dari umpan milik pemancing lain daripada Anda. Apabila Anda melihat pemancing lain terus-menerus bisa mendapatkan ikan mas, tetapi cuma Anda yang gagal strike artinya umpan yang Anda pakai tidak menarik. Segera ganti dengan umpan lainnya.

Penyebab 2. Umpan Anda Membosankan

Tidak ubahnya seperti manusia, ikan mas lambat laun akan merasa bosan apabila terus diberi makanan yang sama. Ikan ini akan merasa seperti enggan melahap pakan tersebut. Tugas Anda sebagai pemancing di sini adalah menyiasati ikan merasa bosan dengan menyediakan umpan yang bervariasi. Siapkanlah paling tidak tiga macam umpan yang bisa Anda gunakan secara bergantian. Bila ikan sudah ogah mendekati pancing, Anda bisa mengganti dengan umpan berikutnya.

Penyebab 3. Ikan Mas Sudah Kekenyangan

Ikan mas sebenarnya bisa juga merasa kenyang. Saat kekenyangan, perilaku ikan mas akan cenderung pasif. Jangan melahap pakan, ikan-ikan ini lebih suka berdiam diri di dasar kolam yang aman. Para oknum pemilik usaha pemancingan umum tidak sedikit yang berperilaku curang dengan memberikan pakan sebanyak-banyaknya sebelum tempatnya dibuka agar masih banyak ikan mas yang belum terpancing.

Penyebab 4. Suhu Air yang Berubah Drastis

Ada waktu di mana ikan mas bergerak sangat aktif seperti kelaparan serta saat ikan-ikan ini lebih suka berdiam diri. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah suhu air. Ikan mas cenderung akan diam untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya ketika terjadi perubahan suhu secara drastis ketimbang memilih untuk mencari makan. Kondisi ini lebih sering terjadi manakala suhu air berubah dari hangat menjadi dingin seperti saat petang atau hujan turun. Anda tidak bisa berbuat banyak di dalam situasi ini.

Penyebab 5. Ikan Merasa Takut dengan Pancing

Ikan mas memang tidak terlalu cerdas. Namun lama-kelamaan ikan ini juga bisa mengetahui apa tujuan umpan pancing yang Anda berikan kepadanya. Mungkin setelah melihat beberapa temannya diangkat oleh pancing Anda, ikan-ikan tersebut kini menyadarinya hingga merasa ketakutan. Hal ini biasanya ditandai dari ikan mas yang selalu berenang lari menjauhi tali pancing Anda. Anda bisa memakai umpan yang baunya lebih menyengat.

Penyebab 6. Sirkulasi Air di Kolam Kurang Lancar

Masalah umum yang kerap menimpa kolam pemancingan ialah kondisi sirkulasi airnya yang kurang lancar. Penyebabnya tidak lain karena lubang pemasukan airnya berukuran cukup kecil. Hal ini juga sering mengakibatkan ikan-ikan di dalamnya kurang sehat dan tumpukan kotoran di dasar kolam. Oleh sebab itu, ikan mas buruan Anda menjadi tidak terlalu agresif dan nafsu makannya tidak terlalu tinggi.

0 Response to "6 Penyebab Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan Pancing"

Posting Komentar