Cara Memancing Ikan Nila dengan Cepat

Bagaimana cara memancing ikan nila dengan cepat? Sudah lama manusia mengenal kegiatan memancing sebagai salah satu cara untuk menangkap ikan. Kegiatan ini sendiri bisa dilakukan di lingkungan perairan sungai, danau, rawa-rawa, laut, hingga samudera. Pokoknya jika ada air, maka kita bisa mencoba memancing di sana. Tidak hanya menyenangkan dan menantang, kita membutuhkan kesabaran pad saat memancing. Semuanya akan terbayar lunas manakala kita berhasil mengangkat mata pancing dan mendapatkan ikan buruan.
Tidak sedikit para pemancing yang suka memburu ikan nila. Selain karena rasa dagingnya yang lezat, ikan ini pun cukup mudah didapatkan. Ikan nila biasanya tinggal di sungai atau danau yang masih alami serta banyak ditumbuhi tanaman. Ikan ini umumnya hidup bergerombol. Nila termasuk ikan yang ganas dan rakus. Ikan ini tidak pilih-pilih soal makanan. Jika Anda sudah berhasil menemukan spot yang ada ikan nilanya, sebaiknya tetaplah di situ dan jangan pindah. Sebab kami yakin masih banyak ikan nila lain di sana.
cara-mancing-ikan-nila.jpg
Bagi Anda yang ingin memancing ikan nila, kami berikan kiat-kiatnya supaya bisa mendapatkan ikan nila yang banyak!
  1. Pilih Umpan yang Tepat
Ikan nila merupakan binatang omnivora. Ikan ini doyan memakai lumut maupun ikan-ikan lain yang ukurannya jauh lebih kecil. Sebelum pergi memancing Anda harus menyiapkan umpan yang cocok dari rumah. Beberapa umpan mancing ikan nila yang kami sarankan di antaranya lumut, cacing, udang, ulat, laron, capung, dan jangkrik. Usahakan pakailah cacing atau udang yang kondisinya masih hidup agar ikan nila lebih tertarik memakannya.
  1. Siapkan Peralatan Pancingnya
Untuk memancing ikan nila sebenarnya Anda tidak memerlukan peralatan khusus. Bahkan Anda pun dapat menggunakan alat pancing tradisional sebab ikan ini notabene gampang didapatkan. Namun untuk mendapatkan sensasi dan peluang yang lebih baik, Anda bisa memakai peralatan yang sesuai. Gunakan joran tegek yang berukuran 3,6-4,5 m, mata kail nomor 3, 4, atau 5, senar 0.5 mm, test 40 lbs, dan kemampuan hingga 2 kg. Jangan lupa pasang pelampung jalan.
  1. Tentukan Spot yang Bagus
Memancing ikan nila sebaiknya dilakukan di tengah hari saat ikan sedang kelaparan. Anda bisa mencari rumpon alami yaitu rumah ikan yang terbentuk dari tumpukan batang kayu atau rimbunan eceng gondok. Di balik rumpon tersebut biasanya banyak ikan yang bersarang. Rumpon yang banyak ikannya ditandai dari adanya gelembung air mirip seperti buih-buih sabun di permukaan air. Jika Anda sudah berhasil menemukan tempat seperti ini, segeralah siapkan alat pancing Anda.
  1. Lemparkan Tali Pancing Anda
Ikan nila merupakan ikan pelagis yang lebih suka hidup di area permukaan air. Hal ini berarti ikan nila tidak berenang terlalu dalam ke dasar air. Oleh karena itu, pasanglah mata kail tidak jauh dari pelampung supaya posisinya bisa tetap berada di wilayah permukaan air. Setelah itu, lemparkan kail Anda ke rumpon ikan dengan posisi yang tepat. Tunggu beberapa saat biar ikan nila mau memakannya.
  1. Tangkap Ikan Nila
Tanda-tanda bahwa umpan pancing Anda diminati oleh ikan yaitu pelampungnya bergerak-gerak sendiri. Ketika Anda melihat pelampung tersebut bergerak, tariklah senarnya sedikit demi sedikit untuk memancing ikan nila mengejarnya. Biarkan ikan tersebut menyambar dan memakan umpan pancing dengan sendirinya. Bila ikan nila sudah memakan kail, maka terasa tarikan senarnya lebih kuat dan pergerakan senar menjadi tidak menentu. Anda harus segera menarik senar untuk menangkap ikan nila tersebut.

0 Response to "Cara Memancing Ikan Nila dengan Cepat"

Posting Komentar