Cara Membuat Air di Aquascape Menjadi Bening

Bagaimana cara membuat air di aquarium menjadi bening? Tidak sedikit pengunjung blog kami yang masih merasa kesulitan dalam membuat aquascape. Masalah utama yang banyak dialami yaitu sulitnya membuat kondisi air di dalam tangki menjadi bening. Mereka mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk menjadikan aquascape miliknya tampak jernih. Dari mulai menggunakan air mineral, menyikat kaca aquarium sampai bersih, hingga menguras seluruh isinya. Tetapi mengapa kondisi aquascape tetap keruh?
Pada dasarnya komponen yang berperan penting dalam mempengaruhi kondisi ekosistem di dalam tangki aquarium adalah bakteri. Di dunia ini dikenal dua macam bakteri berdasarkan sifatnya yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Ada bakteri yang menguntungkan, tetapi ada pula bakteri yang berbahaya karena mendatangkan kerugian. Bakteri baik inilah yang bisa memberi manfaat bagi penghobi aquascape yakni sebagai penjernih air alami. Jadi Anda yang telah berhasil mengembangbiakkan bakteri ini pasti air di dalam tangkinya akan jernih.
membuat-aquascape-menjadi-jernih.jpg
Semua aquarium pada mulanya pasti kondisinya tidak bening. Secara alami, perubahan kondisi di dalam tangki memicu tumbuhnya bakteri-bakteri baik. Dua di antaranya adalah bakteri nitrosomonas yang berperan sebagai pengurai amonia serta bakteri nitrobacter yang dapat menguraikan nitrit menjadi nitrat. Sebelum tumbuhnya dua bakteri ini, keadaan di dalam aquarium akan kritis. Penggantian air sebanyak 30 persen pada masa awal pertumbuhan bakteri tersebut dapat membantu mendukung kehidupan ikan dan tanaman.
Bakteri nitrosomonas dan bakteri nitrobacter hidup di berbagai tempat di dalam aquascape yang meliputi kaca aquarium, dasar substrat, serta media filter. Untuk memicu tumbuhnya bakteri-bakteri tersebut, Anda bisa melakukan berbagai upaya, antara lain :
Gunakan Bakteri Starter
Ingat bahwa Anda kini hidup di zaman serba canggih, di mana sesuatu yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya menjadi mungkin. Termasuk upaya untuk merangsang tumbuhnya bakteri baik di dalam aquarium. Anda bisa membeli produk bernama bakteri starter di www.alatperabotan.com dengan merek Gist atau PS bio. Produk ini sangat ampuh mempercepat kemunculan bakteri baik.
Pasang Perangkat Aerator
Aquascape memang tidak membutuhkan aerator sebagaimana pada aquarium. Namun di masa-masa awal pembuatannya, aerator tetap diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan bakteri baik. Perangkat aerator ini akan meningkatkan jumlah oksigen yang terlarut di dalam air. Pasanglah aerator langsung di dalam tangki atau diletakkan di media filter. Anda bisa melepaskannya setelah bakteri baik sudah tumbuh subur.
Pakai Filter Biologis
Aquascape sangat membutuhkan filter untuk menjaga kondisi kebersihan air di dalam tangki. Filter ini akan menyaring kotoran-kotoran yang ada di air. Menurut sistem kerjanya, ada tiga macam filter aquarium yang dapat digunakan. Khusus untuk aquascape, pakailah filter biologis. Tidak hanya dapat membersihkan air, filter ini juga akan mendukung pertumbuhan bakteri. Contoh filter biologis misalnya adalah bio ball dan ceramic ring.
Media Tanam yang Baik
Sebaiknya Anda memilih media tanam yang tidak hanya berguna sebagai tempat penanaman tumbuhan air, namun dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik juga. Letakkan media tanam ini di bagian paling dasar substrat dalam jumlah yang cukup banyak. Anda bisa memakai pasir malang yang telah diayak sehingga memiliki ukuran yang sama dan bertekstur kasar. Media tanam ini lantas bisa ditumpuk dengan pupuk dasar dan pasir substrat di atasnya.

0 Response to "Cara Membuat Air di Aquascape Menjadi Bening"

Posting Komentar