Cara Mencari Kerang di Pantai

Bagaimana cara mencari kerang di pantai? Anda yang mempunyai insting sebagai pemburu pasti lebih suka mendapatkan sesuatu langsung dari alam daripada membelinya di pasar. Hal ini dikarenakan Anda akan merasakan sensasi perasaan puas yang begitu besar ketika berhasil memperoleh suatu buruan dengan jerih payah sendiri. Selain itu, hasil buruan seperti ikan, udang, kepiting, dan kerang yang baru ditangkap memiliki rasa yang lebih lezat.

Anda mungkin tertarik untuk berburu kerang? Salah satu lokasi yang banyak terdapat kerang ialah pantai. Kerang-kerang tersebut terbawa ke tepi pantai oleh arus laut yang cukup kuat. Anda tidak perlu bersusah payah dalam menangkapnya sebab pergerakan kerang sangatlah lamban. Hanya saja kerang sangat pintar bersembunyi di balik pasir. Jadi Anda tetap butuh kejelian yang tinggi supaya bisa mendapatkan kerang dalam jumlah yang banyak.

Tidak susah kok untuk bisa mendapatkan kerang di bibir pantai. Umumnya kerang yang banyak terdapat di pantai adalah kerang tahu. Kerang ini memiliki bentuk yang gepeng dan memiliki cangkang yang berwarna cerah seperti keramik. Sayangnya kerang tahu ini mempunyai daging yang tidak begitu besar. Tetapi Anda tidak usah terlalu kecewa sebab rasa daging kerang tahu ini juga lezat kok. Anda bisa menumisnya atau mengolahnya menjadi sup.

cara-mencari-kerang-di-pantai.jpg

Berikut ini kami ajarkan cara berburu kerang di pantai!

Berburu di Pantai yang Sepi

Tidak semua pantai mengandung banyak kerang. Biasanya kerang-kerang tersebut memilih lautan yang sepi sebagai tempat tinggalnya. Anda bisa mencobanya dengan pergi ke area pantai yang belum terlalu terkenal di daerah Anda. Perhatikan baik-baik apakah banyak terdapat cangkang kerang di pantai atau tidak? Jika iya, kemungkinan besar ada banyak kerang di sana. Kerang sendiri lebih menyukai pantai yang berpasir daripada pantai berbatu sebagai habitatnya.

Perhatikan Area Bibir Pantai

Kerang-kerang biasanya terbawa oleh ombak laut hingga terbawa ke bibir pantai. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan dengan baik setiap ombak yang datang. Segera ambil jika ada kerang yang terseret oleh ombak tersebut. Jangan sampai Anda kalah cepat dengan gerakannya menguburkan diri. Di sini Anda perlu jeli dalam mengawasi setiap ombak yang datang silih berganti. Seharusnya kalau pantai tersebut banyak mengandung kerang pasti ada kerang yang ikut terbawa di setiap gelombang ombak.

Periksa Area di Bawah Pasir

Kerang memiliki kebiasaan untuk menguburkan dirinya sendiri di dalam pasir agar terhindar dari pantauan predatornya. Mereka dengan cepat akan segera masuk ke dalam pasir tersebut. Anda bisa memanfaatkan kebiasaan kerang ini untuk mendapatkannya dengan mudah. Caranya Anda hanya perlu merogoh bagian bawah pasir cukup di area tepi laut. Tidak perlu pergi jauh-jauh sampai ke tengah ya. Periksa bagian bawah pasir tersebut dengan teliti. Jika ada kerang yang dirasakan tangan Anda, segera ambil. Besar kemungkinannya kerang ini masih hidup.

Gali Lubang di Tepi Pantai

Cara lainnya untuk mendapatkan kerang ialah menggali lubang di wilayah antara pasang naik dan pasang surut air laut. Trik ini paling cocok diaplikasikan ketika Anda berburu kerang saat kondisi air laut sedang surut. Kami jamin banyak sekali kerang yang menguburkan dirinya dalam pasir di wilayah ini. Anda hanya membutuhkan cetok atau cangkul sebagai senjata utamanya. Galilah lubang di wilayah tersebut dengan kedalaman 20-30 cm. Segera ambil kerang yang Anda lihat dan kumpulkan di dalam keranjang.

Agar Kerang Bebas Pasir

Kerang yang telah berhasil Anda peroleh dari pantai akan mengandung banyak pasir bila Anda salah dalam mengolahnya. Anda perlu trik khusus untuk membuat kerang tersebut bebas dari pasir. Silakan Anda masukkan semua kerang yang diperoleh ke dalam ember besar. Kemudian tambahkan air laut hingga penuh. Jangan langsung masak kerang tersebut. Anda perlu memeliharanya sebentar selama 3-5 jam. Biarkan kerang-kerang ini mengeluarkan sendiri pasir yang ada di dalam cangkangnya. Barulah kemudian Anda bisa memasaknya.

0 Response to "Cara Mencari Kerang di Pantai"

Posting Komentar