Cara Menghentikan Perkelahian Ikan Oscar

Bagaimana cara menghentikan perkelahian ikan oscar? Ikan oscar termasuk ikan air tawar yang biasa dipelihara di akuarium karena kemolekan tubuhnya. Ikan ini sangat menarik dengan tubuh yang berwarna cerah dan gerak-geriknya yang begitu gesit. Ikan oscar memang dikenal sebagai ikan yang cukup agresif. Walau sebenarnya ikan ini senang hidup secara bergerombol, namun tidak jarang ikan oscar ini berkelahi dengan ikan oscar lainnya.
Anda tidak boleh membiarkan perkelahian antara ikan oscar tersebut berlangsung lama. Sebisa mungkin segera hentikan secepatnya. Perkelahian tentu akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi ikan oscar itu sendiri. Misalnya yaitu ikan menjadi stres dan mengalami cacat pada salah satu fisiknya. Bahkan kemungkinan yang paling buruk adalah ikan oscar bisa mati. Anda tentu tidak menginginkan kejadian buruk tersebut menimpa ikan oscar peliharaan, kan?
menghentikan-perkelahian-ikan-oscar.jpg
Berikut ini upaya-upaya yang dapat Anda lakukan, di antaranya :
Pindahkan Si Biang Keroknya
Dalam perkelahian antara ikan oscar pasti ada salah satu ikan yang menjadi biang keroknya. Biasanya ikan tersebut berukuran lebih besar sehingga bersikap sok jagoan. Anda bisa memindahkan ikan tersebut ke akuarium lain untuk sementara waktu. Tapi letakkan akuarium karantina ini di dekat akuarium utama supaya ikan tersebut tetap dapat melihat ikan-ikan oscar lainnya. Barulah setelah sikap ikan ini lebih kalem, Anda bisa mengembalikannya lagi ke akuarium utama.
Pasang Sekat dari Kaca
Bila Anda tidak mempunyai akuarium cadangan atau khawatir ikan bakal menjadi stres jika dipindahkan ke akuarium lain, solusinya cukup pasang saja penyekat yang terbuat dari bahan kaca. Sekat semacam ini banyak dijual di toko ikan hias dengan harga yang cukup murah. Pilih sekat yang ukurannya sesuai dengan akuarium Anda. Pastikan juga sekat tersebut tidak membahayakan ikan-ikan di dalamnya. Ikan-ikan oscar yang berkelahi tadi bisa dipisahkan memakai sekat kaca ini untuk sementara waktu.
Akuarium Baru yang Lebih Besar
Perkelahian antara ikan juga bisa disebabkan oleh akuarium yang ukurannya terlalu sempit. Hal ini membuat ruang gerak di dalamnya menjadi sangat terbatas. Ikan-ikan pun menjadi rentan mengalami stres akibat akuarium yang berukuran terlalu kecil ini. Jadi Anda bisa mengatasinya dengan menyediakan akuarium baru yang ukurannya lebih besar. Bersihkan akuarium tersebut terlebih dahulu. Kemudian pindahkan semua ikan di akuarium lawas beserta airnya.
Berikan Tanaman Air dan Aksesori
Kondisi ekosistem di dalam air sungai atau danau tidak hanya berisi air saja, tetapi ada banyak sekali benda dan tanaman yang tumbuh di sana. Di samping menjadi makanan alami bagi ikan, tanaman-tanaman air ini juga merupakan tempat persembunyian ikan untuk melindungi dirinya dari ancaman. Guna membuat ikan-ikan oscar peliharaan Anda merasa nyaman dan tidak saling berkelahi, cobalah tambahkan beberapa tanaman air dan aksesori ke dalam akuarium.
Kuras Air Secara Tepat
Air di dalam akuarium harus dikuras secara rutin untuk menjaga kondisi dan kebersihannya. Namun menguras air akuarium itu ada aturannya dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda tidak boleh menguras seluruh air sekaligus sebab dapat mengubah kondisi total air tersebut. Akibatnya ikan oscar pun harus menyesuaikan diri lagi dan mengalami stres lagi. Yang paling bagus adalah Anda cukup mengganti 30 persen volume air di akuarium yang dilakukan setiap seminggu sekali.
Tambahkan Beberapa Ikan Oscar Lagi
Mungkin ini kedengarannya tidak masuk akal, tetapi faktanya sangat manjur mengatasi ikan-ikan oscar yang suka berkelahi. Anda cukup menambahkan 2-3 ekor ikan oscar baru lagi yang ukurannya sama dengan ikan oscar lama. Tujuannya agar ikan oscar merasa lebih senang karena temannya semakin banyak dan semakin ramai. Ingat, sebelum ikan oscar baru ini dirilis ke dalam akuarium, Anda harus mengenalkannya terlebih dahulu ke ikan oscar yang lama. Lalu untuk masalah ukuran akuarium juga wajib diperhatikan agar tidak terlalu sempit.

0 Response to "Cara Menghentikan Perkelahian Ikan Oscar"

Posting Komentar