Cara Menghilangkan White Spot Pada Ikan Oscar

Bagaimana cara menghilangkan white spot pada ikan oscar? Penyakit white spot yang kerap menyerang ikan oscar disebabkan oleh parasit. Faktanya ini merupakan salah satu penyakit pada ikan tropis yang paling berbahaya karena dapat membuat ikan peliharaan Anda mati. Kebanyakan penyakit ini menyerang ikan-ikan yang hidup secara bergerombol, termasuk pula ikan oscar. Wabah penyakit ini akan semakin meluas manakala ikan oscar yang sakit tidak segera dipisahkan di tangki karantina sehingga mengakibatkan ikan lain pun ikut tertular.
Penyakit white spot sebenarnya dapat menyerang ikan air tawar maupun ikan air laut. Mula-mula parasit protozoa akan menempel di tubuh ikan untuk menumpang hidup. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah parasit tersebut akan bertambah banyak dengan menggandakan diri. Dari sinilah awal mula serangan protozoa tersebut berlangsung. Protozoa-protozoa ini akan menyerang tubuh ikan yang menjadi inangnya secara masif. Hal ini menyebabkan timbulnya luka cukup serius pada ikan yang kita kenali sebagai white spot.
menghilangkan-white-spot.jpg
Ada beberapa faktor yang dapat memicu serangan parasit protozoa penyebab penyakit white spot pada ikan oscar, antara lain :
  1. Ikan yang mengalami stres
  2. Kualitas air yang buruk
  3. Suhu air di akuarium yang tidak sesuai
  4. Ikan baru yang dimasukkan ke akuarium
  5. Makhluk lain yang hidup di akuarium
  6. Pola pemberian pakan yang tidak teratur
  7. Penanganan saat ikan dipindahkan
  8. Kondisi lingkungan di rumah Anda
Ikan yang terkena penyakit white spot akan menunjukkan gejala-gejala aneh di tubuh serta perilakunya. Tanda yang paling jelas ialah munculnya bintik-bintik putih berukuran kecil menyerupai butiran garam pada tubuh ikan oscar. Bintik-bintik ini terdapat di sekujur badan hingga bagian insang ikan. Ikan yang terjangkit penyakit ini lantas akan kehilangan nafsu makannya, kesulitan dalam bernapas, ukuran siripnya menyusut, ikan bergerak secara berlebihan, dan ikan cenderung menyendiri.
Pengobatan terhadap ikan oscar yang sakit white spot bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini :
  1. Jaga kondisi suhu air di dalam akuarium agar tetap stabil. Usahakan suhu akuarium tidak berubah secara drastis karena dapat menyebabkan stres pada ikan. Ikan oscar sendiri umumnya tidak tahan hidup di air yang suhunya cukup tinggi.
  2. Ikan-ikan tropis termasuk ikan oscar dapat hidup dengan baik pada kisaran suhu antara 27-30 derajat celsius. Anda bisa menjaga suhu akuarium berada di dalam rentang tersebut. Pastikan air tetap berada di suhu yang aman bagi ikan.
  3. Ikan yang menunjukkan gejala terkena penyakit white spot harus segera dipindahkan ke akuarium lain. Buatlah suhu di dalam akuarium tersebut menjadi 30 derajat celsius secara perlahan-lahan. Caranya naikkan suhu air sebanyak 1 derajat celsius per jam. Jaga suhu air tetap berada di 30 derajat celsius selama 10 hari.
  4. Dampak penyakit white spot salah satunya adalah ikan menjadi sulit bernapas. Oleh karena itu, Anda bisa meningkatkan jumlah oksigen di dalam akuarium menggunakan aerasi. Tujuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan dan kualitas kehidupannya.
  5. Anda juga bisa menggunakan garam ikan untuk menghilangkan white spot pada ikan oscar. Larutkan garam ikan sebanyak 1 sendok teh ke dalam 4 liter air. Setelah itu, masukkan air ini ke dalam akuarium. Biarkan ikan yang sakit hidup di dalamnya minimal selama 10 hari untuk menjalani pengobatan.

0 Response to "Cara Menghilangkan White Spot Pada Ikan Oscar"

Posting Komentar