Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan

Bagaimana cara mengobati penyakit white spot? Penyakit white spot yang menyerang ikan disebabkan oleh parasit. Parasit ini hanya dapat diobati saat kondisinya tidak menempel pada tubuh ikan. Pada saat parasit sudah dewasa, ia akan melepaskan diri dari tubuh ikan guna berkembang biak dengan membelah diri. Inilah waktu yang paling tepat untuk membasminya. Sedangkan parasit yang masih menempel di tubuh ikan tidak bisa diobati karena terlindungi dari zat kimia. Pengobatan yang Anda berikan pada fase ini tidak akan efektif.
Parasit penyebab penyakit white spot pada ikan pada dasarnya suka tinggal di lingkungan aquarium yang suhu airnya cukup tinggi. Suhu tinggi ini bisa mempercepat siklus hidup parasit sehingga dapat menyelesaikan siklus hidupnya dalam beberapa hari. Sementara itu, di dalam aquarium bersuhu rendah, siklus hidup parasit ini akan memakan waktu lebih lama sampai berminggu-minggu lamanya. Tetapi Anda tidak boleh menaikkan suhu air di aquarium secara tiba-tiba sebab dapat mengakibatkan ikan di dalamnya menjadi stres.
cara-mengobati-white-spot.jpg
Berikut ini tahap-tahap pengobatan terhadap penyakit white spot yang bisa Anda lakukan :
Naikkan Suhu Air di Aquarium
Sebelumnya Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu berapa batas maksimal suhu air yang bisa ditolerir oleh ikan yang akan diobati. Selanjutnya Anda bisa menaikkan suhunya sebanyak 1 derajat celsius setiap jam hingga mencapai suhu maksimal. Suhu maksimal yang ideal adalah 30 derajat celsius. Tujuan dari kita meningkatkan suhu air yaitu mempercepat siklus hidup parasit menjadi dewasa. Saat parasit ini hendak menggandakan diri, kita bisa membinasakan memakai obat. Pertahankan suhu ini selama 10 hari berturut-turut.
Tingkatkan Jumlah Oksigen Terlarut
Selama proses karantina tengah berlangsung, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan melalui peningkatan aerasi. Proses aerasi akan menambah jumlah oksigen terlarut di air serta membantu ikan yang mengalami sulit bernapas akibat terserang penyakit. Anda dapat memasang aerator dengan kekuatan yang lebih besar daripada sebelumnya, mengurangi volume air di dalam tangki, dan memasukkan beberapa airstone. Buat juga kondisi air di aquarium sedikit berarus untuk melatih kekuatan ikan.
Masukkan Garam Ikan Secukupnya
Anda bisa memakai garam ikan atau garam aquarium untuk mengobati penyakit white spot. Ingat ya bukan garam dapur, garam meja, dan garam yang biasa dipakai untuk bumbu masak. Gunakan dosis sebanyak 1 sendok teh garam ikan setiap 4 liter air aquarium. Buatlah larutan ini di wadah yang terpisah terlebih dahulu. Kemudian hasil campurannya dituangkan ke dalam aquarium. Garam ini akan merangsang ikan memproduksi lendir yang lebih banyak sehingga dapat melawan parasit serta membuat parasit tidak bisa hidup di air aquarium tersebut.
Gunakan Obat-obatan Khusus
Terapi ikan yang terkena penyakit white spot menggunakan garam aquarium bisa dilakukan selama 10 hari. Apabila pada hari ke-11, ikan masih terkena penyakit white spot. Anda bisa memberikan pengobatan lanjutan menggunakan obat-obatan khusus. Obat semacam ini biasanya banyak dijual di toko ikan hias atau toko binatang peliharaan. Pilihlah obat yang khusus untuk mengatasi penyakit white spot. Bila perlu, mintalah saran dari penjualnya untuk memilihkan mana obat yang terbaik. Silakan pakai obat tersebut sesuai petunjuknya.

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan"

Posting Komentar