Ternyata, Inilah Dia 10 Ciri-ciri Mutiara Asli!

Apakah ciri-ciri mutiara yang asli? Mutiara selalu mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Tidak hanya Indonesia, bahkan negara-negara di seluruh dunia pun mengakui kalau mutiara itu indah. Keindahan mutiara terbentuk secara alami oleh kerang penghasil mutiara. Dibutuhkan waktu paling cepat 4 tahun untuk menghasilkan sebutir mutiara. Maka dari itu, harga sebutir mutiara pun menjadi sangat tinggi.
Mutiara pada dasarnya merupakan benda keras yang diproduksi oleh kerang, tiram, remis, atau moluska. Binatang-binatang bercangkang ini kemudian membentuk kalsium karbonat yang bisa menghasilkan bulatan kecil bernama mutiara. Jadi mutiara yang asli tidak memiliki bentuk bulat yang sempurna. Walaupun memang ada sih mutiara yang 100 persen sempurna bentuknya, tetapi kemungkinannya kecil sekali.
ciri-ciri-mutiara-asli.jpg
Kali ini kami akan berbagi dengan Anda tentang ciri-ciri mutiara yang asli. Anda harus mampu mengetahuinya agar tertipu dengan mutiara yang palsu pada saat membelinya. Adapun ciri-ciri mutiara asli di antaranya :
  1. Mutiara asli mempunyai tekstur permukaan yang terasa kesat dan agak berpasir. Anda bisa mencoba menggigit atau menggesekkan mutiara tersebut dengan gigi depan. Tapi jangan gigit terlalu keras ya.
  2. Mutiara yang asli tidak akan rusak atau meleleh saat dibakar. Mutiara ini hanya akan menghitam. Namun Anda bisa mengembalikan warnanya lagi seperti semula hanya dengan mengelap menggunakan kertas tisu.
  3. Mutiara asli juga tidak mudah tergores apabila Anda menggosokkan ujung potongan kaca yang tajam ke permukaannya. Mutiara tersebut hanya akan mengeluarkan bubuk semacam pasir yang sangat halus.
  4. Mutiara yang asli bisa pula dikenali dengan menggosokkan dua buah mutiara satu sama lain. Apabila kedua mutiara tersebut benar-benar asli, maka akan timbul bekas seperti serpihan kapur di permukaan keduanya.
  5. Mutiara asli dapat diketahui keasliannya menggunakan cairan aseton. Anda bisa meneteskan cairan aseton ini ke permukaan mutiara tersebut. Permukaan mutiara yang asli akan semakin bersih setelah ditetesi cairan ini.
  6. Mutiara asli selalu dilengkapi dengan sertifikat yang membuktikan keasliannya. Hindari membeli produk mutiara tanpa sertifikat karena kemungkinan besar adalah palsu. Kecuali bila Anda membelinya langsung dari peternak kerang mutiara.
  7. Mutiara asli seharusnya mempunyai fisik yang tidak benar-benar sempurna. Mutiara yang memiliki ciri-ciri fisik seperti terlalu sempurna untuk sebutir mutiara yang dihasilkan oleh kerang, besar kemungkinannya adalah palsu.
  8. Mutiara yang asli bisa diperiksa menggunakan kaca pembesar bertenaga tinggi. Saat diamati lewat kaca pembesar, mutiara ini akan terlihat halus, bersisik, serta memiliki penampang yang menyerupai labirin.
  9. Mutiara asli juga bisa dibor untuk membuktikan keasliannya. Buatlah lubang memakai mata bor yang ukurannya paling kecil. Jika mutiara tersebut benar-benar asli, mutiara tadi mempunyai garis pemisah yang memisahkan lapisan dari intinya.
  10. Mutiara asli bisa dapat dicek dengan mudah oleh orang-orang yang terbiasa berbisnis mutiara. Bahkan dengan memegangnya saja, mereka bisa menilai apakah mutiara tadi asli atau palsu. Jadi Anda bisa meminta bantuan kenalan yang sudah ahli.

0 Response to "Ternyata, Inilah Dia 10 Ciri-ciri Mutiara Asli!"

Posting Komentar