4 Cara Mengobati Mata Ikan Arwana Berkabut

Ikan arwana milik Anda harus terus dirawat dengan baik supaya kesehatannya tetap terjaga. Jika tidak, maka ikan tersebut bisa terkena suatu penyakit. Salah satunya ialah penyakit mata berkabut (cloudy eye). Ciri-ciri ikan arwana yang terkena penyakit mata berkabut yaitu adanya selaput tipis berwarna putih yang menyelimuti permukaan bagian luar mata ikan sehingga mengakibatkan pandangannya terganggu.
Ikan arwana yang terkena penyakit mata berkabut tentu akan terlihat tidak sedap dipandang. Ikan tersebut seolah-olah tampak seperti ikan yang cacat. Bahkan dalam kondisi yang parah, penyakit ini akan menyebabkan ikan arwana mengalami kebutaan. Anda tentu sangat tidak menginginkan kalau kejadian ini menimpa ikan peliharaan kesayangan Anda kan? Oleh sebab itu, tindakan dini harus dilakukan semaksimal mungkin.
mata-ikan-arwana-berkabut.jpg
Berikut ini upaya-upaya yang mampu mengobati mata ikan arwana yang berkabut.
  1. Bersihkan Akuarium secara Menyeluruh
Penyebab utama mata ikan arwana bekabut ialah kotornya kondisi akuarium yang dihuni oleh ikan arwana. Maka Anda bisa mencoba melakukan pembersihan akuarium secara menyeluruh. Untuk panduannya, kami sudah pernah memberitahukannya. Intinya adalah Anda hanya boleh memakai air saja untuk membersihkan akuarium. Lalu jemur di bawah sinar matahari secara langsung untuk mematikan kumannya.
  1. Ganti Air dengan Air yang Sesuai
Air yang kotor karena banyak mengandung amonia, nitrit, dan nitrat akan memicu ledakan jumlah bakteri. Inilah awal serangan bakteri ke ikan arwana. Mau tidak mau Anda harus mengganti air untuk membuang semua bakteri berbahaya tersebut. Pakai air tanah yang telah diendapkan minimal selama 12 jam. Dengan bersihnya air, maka sedikit demi sedikit kondisi ikan arwana akan kembali pulih seperti sedia kala.
  1. Gunakan Antibiotik yang Tepat
Antibiotik perlu digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit mata berkabut. Di sini Anda bisa memakai antibiotik spektrum luas atau umum. Misalnya seperti amoxyxilin dengan dosis 500 mg per 100/125 liter air atau obat pomate. Setelah direndam selama 24 jam di dalam larutan obat, kemudian ikan arwana dipindahkan kembali ke akuarium air bersih.
  1. Atur Suhu Air Sekitar 30-32 Derajat
Terapi pada ikan arwana yang menderita penyakit mata berkabut juga bisa dilakukan dengan mengatur suhu airnya lebih tinggi daripada biasanya. Anda bisa menyetel suhu tersebut di kisaran 30-32 derajat celsius menggunakan heater. Sebaiknya naikkan suhu sedikit demi sedikit agar ikan tidak merasa kaget. Biasanya dalam kurun waktu 3 hari setelah dilakukan terapi, mata ikan arwana akan sembuh kembali.

0 Response to "4 Cara Mengobati Mata Ikan Arwana Berkabut"

Posting Komentar