Apa Pengaruh Terang Bulan saat Mancing Ikan?

Anda mungkin pernah mendapatkan saran dari seseorang untuk tidak memancing pada saat bulan purnama? Atau ada seorang penjual ikan yang mengatakan kalau harga ikan memang sedang mahal karena kondisi bulan purnama? Lantas Anda pun bingung sendiri apa kaitannya antara bulan purnama. Padahal kalau dinalar tentunya kedua hal tersebut tidak berhubungan. Toh, bulan berada jauh di atas langit.
Tetapi usut punya usut, ternyata bulan dapat mempengaruhi perilaku ikan. Tidak hanya ikan-ikan yang hidup di lautan saja, ikan yang tinggal di sungai, danau, rawa-rawa, hingga kolam buatan pun akan mengalami perubahan perilaku pada saat bulan purnama terjadi. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi bulan dapat mempengaruhi keadaan air, termasuk kondisi suhu, kekuatan arus, pasang surut, serta aktivitas biota air.
pengaruh-terang-bulan-mancing.jpg
Pada saat terang bulan, ikan-ikan cenderung bersikap pasif dan enggan mencari mangsanya. Kenapa perilaku ini bisa terjadi ya?
Penyebab 1. Arus Laut Lebih Kuat
Ketika bulan purnama sedang terjadi maka arus air laut lebih kencang daripada biasanya akibat gaya gravitasi bulan yang menguat. Ombak pun bergerak dengan derasnya. Hal ini membuat plankton-plankton berpindah lokasi dengan cepat dan tidak bisa berkumpul di suatu titik. Pada akhirnya, ikan-ikan pun kesulitan mencari makanan karena plankton yang menjadi mangsanya selalu berpindah-pindah tempat secara cepat. Kondisi ini pula yang menyebabkan ikan-ikan sulit ditemukan pada saat bulan purnama.
Penyebab 2. Cahaya Bulan Terlalu Terang
Plankton merupakan makanan bagi ikan-ikan kecil. Sedangkan ikan-ikan kecil sendiri menjadi makanan bagi ikan-ikan yang ukurannya lebih besar. Salah satu trik memancing di lautan lepas, terutama saat malam hari ialah memasang lampu penerangan dengan cahaya yang terang. Tujuannya untuk menarik perhatian plankton yang memang sangat menyukai area yang terang. Namun pada saat bulan purnama berlangsung, cahaya bulan terlalu terang sehingga plankton pun sulit dikumpulkan di suatu titik.
Penyebab 3. Ikan sedang Melakukan Perkawinan
Sebagai makhluk hidup, ikan tentu akan melakukan perkawinan untuk melahirkan keturunan. Menariknya beberapa jenis ikan memilih waktu saat bulan purnama untuk melakukan ritual perkawinan ini. Salah satu penyebabnya yaitu suhu air yang lebih hangat dibandingkan dengan waktu-waktu yang lainnya. Karena sedang sibuk melakukan perkawinan, maka Anda pun sulit menangkap ikan-ikan tersebut menggunakan mata pancing. Mereka sedang tidak bernafsu terhadap umpan yang Anda berikan.

0 Response to "Apa Pengaruh Terang Bulan saat Mancing Ikan?"

Posting Komentar