Cara Mengatasi Ekor Ikan Arwana yang Patah

Bagaimana cara mengasai ekor ikan arwana yang patah? Ikan arwana mempunyai pesona yang menarik dari warna tubuh dan gerakan berenangnya yang gemulai. Biasanya ikan ini dipelihara di dalam akuarium yang dilengkapi dengan lampu-lampu untuk mendukung keindahannya. Di habitat alaminya, ikan arwana merupakan predator yang sangat buas. Ikan ini bahkan tidak segan-segan melompat ke udara hanya untuk menerkam mangsanya.
Sayangnya kebiasaan ikan arwana melompat ke udara tersebut masih suka dilakukannya meski sudah dipelihara di dalam akuarium. Oleh karena itu, akuarium yang menjadi tempat untuk memelihara ikan arwana wajib dilengkapi dengan penutup supaya ikan tidak bisa keluar. Anda bisa memakai penutup dari bahan styrofoam yang ditindih dengan pemberat dari papan tripleks atau kaca. Dengan begini, ikan arwana tersebut bakal aman.
ekor-ikan-arwana-terputus.jpg
Ikan arwana yang melompat keluar dari akuarium kemungkinan besar akan mengalami masalah yang fatal. Sirip dan ekor ikan tersebut bisa rusak hingga patah. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya, ikan tersebut akan mati karena terlalu lama berada di luar air. Faktanya ialah kasus kematian pada ikan arwana lebih banyak disebabkan oleh keluarnya ikan tersebut dari akuarium daripada serangan suatu penyakit.
Khusus masalah ekor ikan arwana yang patah, Anda bisa mengatasinya dengan solusi berikut ini.
  1. Mulailah dengan membius ikan arwana terlebih dahulu menggunakan obat bius seperti Aquadine atau Ocean Free. Tujuan dari pembiusan ini adalah membuat ikan menjadi pingsan sehingga lebih mudah diobati.
  2. Letakkan ikan arwana yang sudah pingsan di atas meja kerja. Guntinglah ekor ikan tersebut mengikuti garis yang sudah terputus. Pastikan Anda mengguntingnya secara rapi dan lurus.
  3. Ikan arwana yang telah selesai menjalani operasi, lantas disadarkan kembali. Setelah itu, ikan tersebut dipindahkan ke akuarium khusus karantina. Keempat dinding akuarium ini ditutup plastik hitam agar ikan merasa tenang.
  4. Anda bisa memasukkan bubuk anti bakteri secukupnya ke dalam akuarium karantina supaya luka bekas operasi pada ikan arwana tidak diserang bakteri. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan daun ketapang.
  5. Selama proses pemulihan berlangsung, aturlah suhu air berada di kisaran 30 derajat celsius. Gunakan pil hobie untuk meningkatkan nafsu makan pada ikan arwana. Setiap 7 hari sekali, air di akuarium perlu diganti sebanyak 20-30 persen.
Anda tidak perlu terlalu khawatir sebab ekor ikan arwana yang telah terpotong pada dasarnya bisa tumbuh kembali, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama mencapai 8-12 bulan.

0 Response to "Cara Mengatasi Ekor Ikan Arwana yang Patah"

Posting Komentar