Cara Merawat Ikan Arwana dengan Media Akuarium

Sebaiknya Anda menempatkan setiap seekor ikan arwana di dalam sebuah akuarium. Ikan arwana lebih baik dipelihara secara sendiri-sendiri (soliter). Tidak mudah bagi ikan ini untuk hidup berdampingan dengan ikan arwana lainnya sebab perangainya yang cukup galak. Anda tentu perlu menjaga kondisi di dalam akuarium tersebut supaya mirip seperti habitat alaminya. Tidak terkecuali pula dengan makanan yang harus mencukupi dan diberikan secara teratur, kualitas air yang terkontrol, dan pengobatan jika dibutuhkan.
Beberapa poin penting dalam merawat ikan arwana di antaranya :
  1. Menjaga Kondisi Akuarium
Sebagai ikan yang mahal, sudah sepatutnya ikan arwana ditempatkan di dalam akuarium yang kualitasnya terbaik. Ingat, satu akuarium hanya boleh dihuni oleh seekor ikan arwana. Usahakan jangan meletakkan akuarium ini menempel di dinding karena ikan arwana bisa melompat keluar atau menghantam dinding akuarium apabila melihat cicak atau kecoa di dinding untuk menangkapnya.
Pastikan ukuran akuarium yang dipakai sesuai dengan postur tubuh ikan arwana. Perhitungkan besar akuarium dengan tubuh si ikan agar dia bisa berenang bebas. Beri lampu penerangan yang memadai. Pasang juga termometer di dinding akuarium untuk mengontrol suhu air. Idealnya suhu berkisar antara 27-30 oC. Pantau pH air seminggu sekali untuk memastikannya pas dengan kebutuhan ikan arwana.
Akuarium untuk ikan arwana disarankan agar dipasangi latar belakang dari gambar, cat, atau stiker dengan warna sesuai selera Anda. Tetapi kebanyakan penghobi memilih warna latar belakang ini menurut jenis ikan arwana yang dipelihara. Ikan arwana super red dan golden cross back menggunakan latar hitam. Sedangkan red tail golden dan bandjar red memakai latar biru atau putih. Lain lagi dengan ikan arwana silver lebih bagus memakai latar hitam atau biru.
jenis-jenis-ikan-arwana.jpg
  1. Memberi Makanan
Sebenarnya ikan arwana termasuk ikan yang memiliki daya tahan tinggi sehingga dia bisa berpuasa dalam waktu lama. Tetapi agar pertumbuhannya bagus, Anda bisa memberi makanan ke ikan ini sebanyak 3-4 kali menggunakan total 8-10 ekor jangkrik. Usahakan Anda memotong kedua kaki belakang jangkrik yang bergerigi terlebih dulu sebelum memberikannya ke ikan arwana.
Selain jangkrik, Anda juga bisa menggunakan pakan berupa udang, kecoa, dan kelabang. Binatang-binatang ini mempunyai zat karoten dan kitin yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan efek sisik yang indah, cerah, dan mengkilap. Berikan pakan sedikit demi sedikit. Anda bisa memberi seekor pakan dahulu agar dimakan sampai habis, barulah Anda bisa memberi pakan berikutnya. Pastikan tidak ada makanan yang tersisa di dalam akuarium.
Anda juga bisa memberi makanan tambahan berupa 2-3 ekor kadal setiap seminggu sekali. Ukuran kadalnya terserah sebab pakan tersebut hanya berfungsi sebagai selingan. Khusus untuk pakan kelabang sebaiknya diberikan 2 minggu sekali saja. Hal ini dikarenakan kelabang/lipan merupakan makanan favorit ikan arwana. Dikhawatirkan ikan tersebut tidak mau memakan pakan lainnya jika sering diberi kelabang.
  1. Mengontrol Kualitas Air
Mengontrol kualitas air di dalam akuarium dapat dilakukan dengan membuang kotoran yang terdapat di air. Kotoran ini berasal dari sisa makanan dan kotoran ikan itu sendiri. Kotoran yang mengambang bisa diangkat memakai saringan. Sedangkan kotoran yang mengendap di dasar akuarium bisa disedot menggunakan selang. Proses membersihkan air ini harus dilakukan hati-hati supaya tidak menyebabkan ikan arwana menjadi stres.
Anda juga perlu menguras akuarium secara total setiap tiga bulan sekali. Anda perlu menggosok dinding kaca akuarium tersebut supaya bebas dari lumut. Bilas memakai air bersih lalu jemur di bawah terik matahari langsung hingga kering. Hal ini akan mematikan bibit penyakit dan jamur yang mungkin ada di akuarium. Air baru yang akan dimasukkan ke akuarium perlu didiamkan selama 24 jam. Selanjutnya pasang aerator untuk meningkat kandungan oksigen di dalam air.
Menjaga air di akuarium agar tetap sehat dan berkualitas juga tidak kalah pentingnya. Beruntung kini sudah ada obat yang aman digunakan untuk menjernihkan air di akuarium ikan arwana. Obat-obatan ini mampu menjaga kebersihan air sehingga tampak jernih. Anda bisa membelinya di toko binatang peliharaan atau toko ikan hias terdekat. Gunakan obat penjernih air tersebut sesuai dengan dosis dan petunjuk yang tercantum di kemasannya.

0 Response to "Cara Merawat Ikan Arwana dengan Media Akuarium"

Posting Komentar