Cara Pengobatan Sungut Ikan Arwana yang Berjamur

Ikan arwana adalah salah satu ikan air tawar yang sering dipelihara karena keindahannya. Ikan ini disebut-sebut sebagai ikan air tawar yang harganya paling mahal. Ikan ini memang begitu menarik dengan pesona tubuh yang dimiliki serta gerak-geriknya yang lemah gemulai. Ikan arwana biasanya dirawat di dalam akuarium yang dipasangi di sudut-sudutnya. Sinar lampu akan membuat penampilan ikan arwana lebih bersinar.
Ikan arwana mempunyai sungut layaknya ikan lele, tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Sungut tersebut juga mempengaruhi penampilan ikan ini secara keseluruhan. Sungut yang tumbuh dengan baik akan membuat ikan arwana terlihat menarik dan memesona. Sebaliknya sungut yang cacat mengakibatkan keindahan ikan tersebut berkurang. Anda harus waspada sebab sungut ikan arwana juga bisa terkena jamur yang membuatnya tidak menarik.
sungut-ikan-arwana-berjamur.jpg
Ciri-ciri sungut ikan arwana yang jamuran yaitu adanya benjolan di permukaannya. Sungut yang normal seharusnya memiliki bentuk yang lurus. Dari pangkal sungut ukuran cukup besar lalu memanjang ke ujung dan mengecil. Bentuk tersebut sempurna dari besar ke kecil. Jika ada bagian sungut yang membesar di bagian tengah-tengah, maka kemungkinan besar itu adalah jamur yang harus segera diobati sampai tuntas.
Apabila ikan arwana milik Anda saat ini sedang menderita penyakit yang membuat sungutnya berjamur, Anda bisa mengobatinya dengan solusi-solusi berikut ini!
Solusi Pertama
Jamur yang menempel di sungut ikan arwana memang harus ditangani dengan tuntas. Anda bisa mencoba menghilangkan jamur tersebut secara manual. Siapkan kantung plastik yang cukup tebal lalu masukkan air sedikit saja. Tangkap ikan arwana yang sungutnya sakit dan masukkan ke dalam kantung plastik tersebut. Bersihkan bagian sungut ikan dengan memutar dan mengurut menggunakan jari tangan secara hati-hati.
Solusi Kedua
Pada dasarnya, solusi kedua ini mirip seperti solusi pertama. Cuma kalau kali ini Anda harus membius ikan terlebih dahulu. Tujuannya tentu agar ikan arwana menjadi diam selama kita bersihkan sungutnya sehingga lebih aman, mudah, dan hasilnya lebih bersih. Cara membius ikan arwana adalah memasukkannya ke dalam wadah yang telah berisi larutan pembius. Setelah ikan pingsan, Anda bisa langsung membersihkan sungutnya.
Solusi Ketiga
Trik ketiga ini sangat mudah dilakukan tetapi memiliki dampak negatif bagi ikan arwana. Anda hanya perlu memotong sungut ikan yang berjamur menggunakan gunting. Anda tidak perlu khawatir sebab sungut tersebut akan tumbuh kembali nantinya. Namun dibutuhkan waktu yang sangat lama hingga 8-12 bulan bagi ikan arwana untuk menumbuhkan lagi sungutnya. Di samping itu, ukuran sungut tersebut juga akan lebih pendek daripada sebelumnya.
Solusi Keempat
Penyakit yang berhubungan dengan jamur biasanya disebabkan oleh kondisi air yang tidak bersih. Maka untuk mengatasi penyakit tersebut, Anda bisa menjaga kebersihan air . Lambat laun jamur pasti akan hilang dengan sendirinya. Jadi untuk mengobati sungut ikan arwana yang beramur, salah satunya Anda harus rutin mengganti air di akuarium. Gantilah volume air sebanyak 25% dari total keseluruhan setiap 2-3 minggu.

0 Response to "Cara Pengobatan Sungut Ikan Arwana yang Berjamur"

Posting Komentar