Ini Dia 4 Penyebab Sungut Ikan Arwana Putus

Ikan arwana memiliki bentuk yang sangat sempurna. Kesempurnaan tersebut terbentuk dari perpaduan antara tubuhnya yang langsing memanjang, warnanya mengkilap, sungut di kepala, serta gerakan berenangnya yang gemulai. Hal inilah yang membuat ikan arwana sering dikait-kaitkan sebagai naga air. Ikan arwana tersebut tampak mempunyai pesona yang luar biasa ketika meliuk-liuk di dalam akuarium.
Sebagai penghobi ikan arwana, Anda tentu menginginkan arwana yang mempunyai tubuh sempurna tanpa mempunyai cacat sama sekali. Oleh karena itu, Anda wajib memeliharanya dengan baik. Ikan arwana yang kurang mendapatkan perawatan bukan tidak mungkin akan mengalami masalah pada kondisi fisiknya. Salah satu dampak yang paling tidak diinginkan ialah putusnya sungut ikan tersebut.
penyebab-sungut-arwana-putus.jpg
Secara otomatis, ikan arwana yang tidak mempunyai sungut maka nilainya akan menurun. Hal ini dikarenakan sungut memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pesona ikan arwana. Adanya sungut membuat ikan arwana tampak elegan dan berkelas. Sedangkan ikan arwana yang tidak memiliki sungut akan terlihat mirip seperti ikan bandeng. Faktor-faktor yang bisa menyebabkan sungut ikan arwana terputus di antaranya :
  1. Kesalahan saat Menangkap
Penyebab utama putusnya sungut ikan arwana yaitu kesalahan Anda saat menangkap dan memegangi ikan tersebut. Pada saat ditangkap, ikan arwana pasti akan mengamuk dan meronta-ronta sebagai perlawanannya. Jika tidak hati-hati dalam mengendalikan gerakan ikan ini, maka sungutnya pun bisa terputus. Kami sarankan Anda sebaiknya menggunakan jaring yang halus dan lembut agar tidak berisiko melukai ikan arwana saat menangkapnya.
  1. Ikan Melompat dari Akuarium
Di habitat alaminya, arwana merupakan ikan pemburu yang sangat hebat. Bahkan ikan ini tidak segan-segan berani melompat ke udara untuk menangkap mangsanya berupa serangga. Kebiasaan ini ternyata masih dimiliki oleh ikan arwana meskipun kita sudah memeliharanya di akuarium dan memberikan pakan yang cukup. Ikan ini berusaha menangkap kecoa atau cicak yang merayap di dinding. Ikan yang melompat dari akuarium akan jatuh ke lantai dan terluka parah. Salah satu dampaknya ialah putusnya sungut ikan tersebut.
  1. Ikan Saling Berkelahi
Kami selalu mewanti-wanti peliharalah masing-masing ikan arwana di dalam satu akuarium. Sebaiknya Anda hanya menempatkan seekor ikan arwana di per akuarium. Hindari memasukkan 2-3 ikan arwana sekaligus di dalam akuarium karena berisiko besar akan saling berkelahi. Perkelahian antara ikan arwana ini akan berlangsung sangat ganas dan menyebabkan dampak yang fatal sekali. Mulai dari luka pada tubuh, sungut terputus, hingga kematian ikan arwana.
  1. Ikan Terbentur Dinding
Seharusnya jika Anda bisa membeli ikan arwana yang harganya mahal, Anda pun mampu menyediakan akuarium yang layak baginya. Terutama soal ukuran akuarium sebagai tempat pemeliharaan ikan tersebut harus memadai. Minimal panjang ukuran akuarium adalah tiga kali panjang tubuh ikan. Semakin panjang ukurannya, tentu akan semakin bagus sehingga memungkinkan ikan tersebut dapat berenang dengan leluasa. Apabila ukuran akuarium terlalu sempit, maka ikan akan sering terbentur ke dinding hingga menyebabkan masalah yang serius pada bagian mukanya.
Lantas, apa jadinya ikan arwana yang sungutnya terputus?
Ada dua kemungkinan bagi sungut ikan arwana yang putus. Pertama adalah sungut tersebut bisa tumbuh kembali dalam waktu 3-5 bulan. Tidak ada perbedaan yang mencolok pada rupa sungut tadi antara sebelum terputus dan sesudah tumbuh kembali. Sungut tersebut akan terlihat normal seperti pada umumnya. Sedangkan kemungkinan yang kedua yaitu sungut tak akan bisa tumbuh lagi apabila bagian yang terputus mengenai sampai pangkal sungutnya.

0 Response to "Ini Dia 4 Penyebab Sungut Ikan Arwana Putus"

Posting Komentar