Penyebab Penyakit Mata Juling Pada Ikan Arwana

Penyakit mata juling sebenarnya sama dengan penyakit mata turun (drop eye disease). Ciri-ciri penyakit ini ditandai dari turunnya bola mata hitam pada ikan arwana. Sehingga seolah-olah ikan tersebut sedang menghadap ke bawah. Bahkan pada kasus yang lebih parah, bola mata hitam ini menghadap ke arah yang berbeda. Sedangkan jika ikan arwana yang normal memiliki bola mata hitam yang berada di bagian atas.
Ikan arwana yang memiliki penyakit mata juling atau mata turun tentu akan kelihatan kurang menarik. Penampilan ikan tersebut terlihat seperti ikan cacat. Anda sebenarnya bisa mencegah penyakit ini agar tidak menimpa ikan arwana kesayangan Anda. Kunci utamanya adalah jangan berikan pakan yang tenggelam atau berenang di dasar. Kabar buruknya yaitu penyakit mata juling cukup susah untuk disembuhkan.
ikan-arwana-mata-juling.jpg
Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan penyakit mata juling pada ikan arwana, yaitu :
  • Pemberian Pakan di Dasar Air
Anda sebaiknya memberi makanan kepada ikan arwana berupa pakan yang terapung di permukaan air. Jangkrik dan kelabang adalah contohnya. Dengan demikian maka ikan akan terus menghadap ke atas. Kalau terpaksa memberi pakan berupa ikan hidup karena Anda akan meninggalkannya mudik, jangan berikan anakan ikan mas karena ikan ini biasa hidup di dasar air. Berikanlah pakan berupa ikan guppy.
  • Ketinggian Akuarium Terlalu Rendah
Ukuran akuarium juga bisa menyebabkan ikan arwana terkena penyakit mata juling. Khususnya jika ukuran sisi ketinggian akuarium tersebut terlalu rendah. Ikan arwana yang dipelihara di dalam akuarium yang berukuran terlalu rendah atau lokasi tempat meletakkannya rendah akan berpotensi menderita penyakit ini. Hal tersebut terjadi karena ikan cenderung akan melihat ke arah bawah.
  • Sinar Lampu yang Terlalu Kuat
Kami yakin akuarium yang menjadi tempat pemeliharaan ikan arwana Anda dilengkapi dengan lampu. Lampu-lampu tadi dipasang cukup banyak di bagian atas dan bawah akuarium untuk memperindah tampilannya. Namun jika lampu yang Anda pasang di bagian atas akuarium memiliki pencahayaan yang terlalu kuat, ikan pun akan berusaha menghindarinya dengan memilih menghadap ke bawah.
  • Dasar Kaca Memantulkan Cahaya
Hati-hati pada saat Anda hendak membeli akuarium. Usahakan pilihlah akuarium yang memiliki kualitas terbaik. Hindari akuarium yang mempunyai kaca bagian dasar yang menyilaukan karena mampu memantulkan cahaya. Salah satu dampak akuarium yang dasarnya terlalu silau ialah mata ikan arwana bisa menjadi juling. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang stiker atau mengecat dengan warna doff.

0 Response to "Penyebab Penyakit Mata Juling Pada Ikan Arwana"

Posting Komentar