Tips Aman Meninggalkan Ikan saat Mudik

Tanpa terasa sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri tiba. Anda yang bekerja di luar kota pasti ingin menghabiskan momen Hari Lebaran tersebut bersama dengan seluruh keluarga besar di kampung halaman. Acara pulang kampung mendekati lebaran seperti sekarang ini biasa dikenal dengan istilah mudik. Anda yang hobi memelihara ikan tentu tidak bisa membawa ikan-ikan tersebut pada saat mudik. Risikonya terlalu besar, apalagi jika waktu perjalanan memakan waktu hingga lebih dari 5 jam.
Namun di sisi lain Anda pun merasa berat hati jikalau harus meninggalkan ikan-ikan tersebut di rumah. Siapa nanti yang akan mengurus ikan selama Anda mudik? Khususnya soal pemberian pakan yang notabene ikan-ikan peliharaan Anda biasanya makan hingga 2-3 kali/hari. Padahal saat mudik ke kampung halaman waktunya sekitar 3-7 hari. Kondisi ini tentu akan menjadi dilema tersendiri bagi Anda yang hobi memelihara ikan. Apa yang bisa Anda lakukan supaya bisa mudik dengan nyaman meninggalkan semua ikan di rumah?
meninggalkan-ikan-saat-mudik.jpg
Setidaknya ada 4 pilihan upaya yang bisa Anda ambil, di antaranya :
  1. Titipkan ke Teman Sehobi
Anda tentu mempunyai teman yang mempunyai hobi yang sama kan? Bila kebetulan teman Anda ini tidak mudik selama Lebaran karena dia notabene warga asli, sebaiknya titipkan saja ikan-ikan Anda kepadanya. Janjikan kalau Anda akan membawakan oleh-oleh dari kampung setelah kembali nanti. Ikan-ikan Anda pasti akan dirawat dengan baik. Hindari menitipkannya ke tetangga sekitar, terutama bila mereka tidak terlalu paham bagaimana cara merawat ikan koleksi Anda.
  1. Pasang Alat Autofeeder
Saat ini ada alat khusus yang berguna untuk memberikan pakan kepada ikan secara otomatis. Namanya adalah autofeeder. Anda bisa membeli autofeeder untuk ikan di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau. Prinsip kerja alat ini adalah mengeluarkan pakan dari wadah setiap periode waktu tertentu. Jadi Anda hanya perlu memasukkan pakan ke wadah yang tersedia. Kemudian autofeeder akan mengeluarkan pakan sebanyak 3-4 kali per hari.
  1. Sebarkan Pakan Hidup
Pelet akan mudah membusuk setelah terkena air sehingga tidak bisa diberikan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini berbeda dengan pakan hidup seperti ikan kecil, udang, dan cacing. Anda bisa memberikan pakan-pakan hidup ini dalam jumlah yang cukup banyak ke kolam/akuarium. Ikan peliharaan Anda biasanya akan memakan pakan hidup ini sedikit demi sedikit. Akhirnya Anda bisa meninggalkan ikan tersebut tanpa beban sebab persediaan pakannya melimpah.
  1. Puasakan Ikan Beberapa Hari
Ikan yang mempunyai daya tahan yang kuat bisa dibiasakan agar berpuasa. Bahkan jika sudah terbiasa, ikan bisa tidak makan sama sekali selama sebulan. Namun sebagai uji coba, Anda bisa memuasakan ikan saat mudik selama 3-5 hari. Triknya adalah Anda harus menjaga kondisi akuarium/kolam sebersih mungkin, minim kotoran, serta suplai oksigennya terjaga dengan baik. Pastikan juga filternya bekerja maksimal. Kemudian sebelum pergi meninggalkannya, Anda bisa memberikan pakan hingga ikan merasa sangat kenyang.
Persiapan Mendekati Hari Mudik
Beberapa persiapan yang juga perlu Anda laksanakan yaitu :
  • Cucilah filter dan batu zeolit sampai bersih.
  • Ganti setengah volume air dengan air baru.
  • Jangan berikan pelet, berikan pakan hidup.
  • Pasang aerator untuk menyuplai oksigen bila perlu.
  • Ganti lampu akuarium dengan tenaga yang lebih kecil.
  • Masukkan tempat persembunyian untuk pakan hidup.

0 Response to "Tips Aman Meninggalkan Ikan saat Mudik"

Posting Komentar