3 Cara Mengobati Ikan Arwana Kena Jamur

Ikan arwana yang terkena jamur ditandai dengan adanya serabut-serabut tipis menyerupai benang/kapas berwarna keputih-putihan pada bagian tubuh tertentu. Misalnya seperti sirip, sisik, dada, ekor, sungut, dan lain-lain. Khusus pada bagian sungut, serangan jamur yang parah akan menimbulkan benjolan semacam kutil/jerawat. Namun lama-kelamaan benjolan tersebut bakal semakin membesar sehingga mengakibatkan ekor menjadi lunglai. Terkadang serangan jamur juga menyebabkan nafsu makan ikan menurun dan gerakannya pasif.
Fusarium sp, Aphanomyces sp, Achyla sp, dan Saprolegnia sp adalah jamur yang diketahui sering menyerang ikan, khususnya ikan arwana. Jamur ini tumbuh subur di dalam akuarium yang kebersihan lingkungannya tidak dijaga dengan baik. Hal tersebut umumnya terjadi bila Anda malas menjaga kebersihan akuarium atau filter yang terpasang telah rusak. Semakin lama kotoran dari feses ikan dan sisa pakan akan semakin menumpuk. Apabila ikan arwana terluka, maka bekas luka tadi menjadi sarana bagi jamur untuk melakukan serangan.
ikan-arwana-kena-jamur.jpg
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ikan arwana yang jamuran di antaranya :
  1. Pakailah Amoxan
Amoxan merupakan obat yang kami rekomendasikan untuk mengatasi ikan arwana yang terkena jamur. Kelebihan dari obat ini selain ampuh mengobati jamur adalah tidak menyebabkan efek samping. Nafsu makan tetap terjaga dengan baik dan tidak mengalami penurunan. Anda bisa menggunakan amoxan dengan dosis 500 mg/125 L. Cara pakainya yaitu ganti seluruh air di akuarium terlebih dahulu, kemudian tambahkan amoxan. Besoknya kuras air sebanyak 50 persen. Waktu pengobatan sekitar 2-3 hari.
  1. Gunakan Garam Dapur
Garam dapur ternyata sangat efektif untuk menyembuhkan ikan arwana yang jamuran loh. Anda tidak perlu khawatir ikan arwana bakal mati jika direndam dalam air garam sebab ikan ini pada dasarnya memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat. Waktu untuk merendam ikan juga tidak lama kok, hanya sekitar 1 jam. Anda bisa memulai dengan mengurangi air di akuarium sampai tersisa 30 persen, lalu tambahkan garam sebanyak 1-2 kg tergantung ukuran akuarium. Biarkan selama 1 jam.
Setelah itu, tambahkan air bersih ke dalam akuarium sampai penuh. Kemudian segera kurangi lagi volume air hingga tersisa 50 persen. Berikutnya tambahkan lagi air bersih ke dalam akuarium sampai penuh 100 persen. Garam dapur terbukti sangat ampuh digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri. Jamur yang tumbuh di tubuh ikan arwana seketika bakal mati setelah terkena garam ini. Dibutuhkan pengulangan terapi hingga 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  1. Rontokkan secara Manual
Ini merupakan cara yang cukup esktrim. Jadi sebaiknya Anda meminta pengawasan dari rekan yang sudah ahli untuk mengerjakannya. Caranya adalah merontokkan jamur yang tumbuh di tubuh ikan arwana secara langsung. Anda bisa menggunakan tangan atau bantuan alat tertentu. Mulailah dengan membius ikan terlebih dahulu supaya pingsan dan menjadi tenang. Selanjutnya Anda bisa membersihkan semua jamur yang ada.

0 Response to "3 Cara Mengobati Ikan Arwana Kena Jamur"

Posting Komentar