5 Cara Mengeluarkan Warna Ikan Arwana

Para pemilik ikan arwana tentu menginginkan ikan kesayangannya memiliki warna yang cerah dan tajam sesuai dengan jenis ikan tersebut. Contohnya pemilik ikan arwana merah berharap agar ikannya berwarna merah merona. Warna ini akan meningkatkan pesona dan daya tarik si ikan. Tetapi tidak mudah untuk membuat ikan arwana memiliki warna yang tajam seperti yang kita mau. Dibutuhkan upaya tersendiri untuk mengeluarkan warnanya.
Sebelumnya perlu kami ingatkan bahwa warna ikan arwana akan muncul sesuai jenisnya. Ikan arwana super red akan berwarna merah, ikan arwana golden akan berwarna keemasan, juga dengan ikan arwana silver yang akan berwarna perak, dan sebagainya. Semua ini telah menjadi kodrat bagi masing-masing jenis ikan arwana. Yang bisa Anda lakukan hanyalah mempertajam tingkat kecerahan warnanya sehingga tampak lebih berkualitas.
mengeluarkan-warna-ikan-arwana.jpg
Adapun kiat-kiat untuk mengeluarkan warna ikan arwana sehingga terlihat lebih tajam di antaranya :
  1. Gunakan Daun Ketapang
Daun ketapang bisa digunakan untuk mempercepat keluarnya warna ikan arwana, sama seperti pada ikan cupang. Ikan arwana yang rutin diberi daun ketapang terbukti sisiknya akan cepat berwarna tajam. Di sini kita menggunakan daun ketapang tua yang telah gugur sendiri dari pohonnya. Kemudian jemurlah daun tersebut selama 2-3 hari agar semakin kering. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam akuarium.
  1. Jaga Parameter Air
Ikan yang sehat pasti akan tumbuh dengan baik. Ikan tersebut akan mengeluarkan warna yang cerah. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga parameter air sebaik-baiknya demi menjaga kesehatan ikan arwana yang tinggal di dalamnya. Di antaranya termasuk suhu, pH, dan kebersihan air. Jagalah tingkat keasaman air selalu berada di level 7. Khusus ikan arwana RTG membutuhkan pH di bawah 7.
  1. Pasang Lampu Putih
Penghobi ikan arwana umumnya akan melengkapi akuarium miliknya dengan lampu. Tidak hanya berfungsi sebagai penerang, lampu tersebut juga berguna bagi tumbuh kembang ikan arwana. Pastikan Anda menggunakan lampu yang mampu menghasilkan cahaya berwarna putih (daylight). Lampu ini akan membuat pertumbuhan ikan kian optimal. Hindari memasang lampu yang berwarna-warni.
  1. Background yang Terang
Khusus untuk akuarium ikan arwana, kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan background yang warnanya terang. Misalnya seperti biru muda atau putih. Warna terang pada background ini sangat berguna untuk mempertegas warna pada tubuh ikan arwana. Fokus mata bisa lebih terpusat pada si ikan tersebut. Warna ikan arwana pun tidak tercampur dengan warna latar belakangnya.
  1. Berikan Pakan Bergizi
Pakan yang mengandung gizi tinggi sangat membantu pertumbuhan ikan arwana. Ikan kesayangan Anda akan cepat tumbuh besar apabila sering diberikan makanan yang bergizi tinggi. Jika Anda ingin warna ikan arwana tampak lebih cerah dan tajam, pilih pakan yang mengandung zat karoten. Contohnya adalah udang dan wortel. Beberapa produk pelet ikan juga kini banyak yang mengandung zat karoten.

0 Response to "5 Cara Mengeluarkan Warna Ikan Arwana"

Posting Komentar