Agar Ikan Arwana Tidak Stres, Begini Caranya!

Stres merupakan masalah kejiwaan pada ikan arwana yang ditakuti oleh para penghobi. Hal ini dikarenakan ikan arwana yang stres akan merasa gelisah, melakukan mogok makan, hingga melukai dirinya sendiri. Stres tersebut pada akhirnya berujung pada masalah yang lain. Bahkan bukan tidak mungkin ikan yang stres bisa mati secara mendadak. Oleh sebab itu, Anda harus segera memberikan tindakan yang serius kepada ikan arwana yang stres.
Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ikan arwana yang Anda pelihara mengalami stres. Di antaranya kondisi air yang begitu kotor, derajat keasaman (pH) yang tidak sesuai, kandungan oksigen terlarut di dalam air rendah, suhu air terlalu ekstrem, dan kondisi lingkungan sekitar yang bising. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi kesehatan ikan arwana yang stres lama-kelamaan akan menurun serta bersikap pasif.
ikan-arwana-tidak-stres.jpg
Ciri-ciri ikan arwana yang stres salah satunya tampak dari warna tubuhnya yang kusam. Kilauan ikan terlihat sirna. Ikan tadi cenderung berdiam diri di salah satu sudut akuarium dan enggan bergerak aktif. Pencegahan supaya ikan arwana peliharaan Anda tidak stres dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini!
  1. Jagalah Kebersihan Air di Akuarium
Ketika Anda memutuskan untuk memelihara ikan arwana, sebenarnya hal yang paling penting dipelihara adalah airnya. Air menjadi lingkungan kehidupan bagi ikan arwana yang harus diperhatikan kondisinya sebaik mungkin. Anda harus memastikan kondisi air tersebut senantiasa dalam keadaan yang bersih. Lakukan penggantian air secara berkala. Jangan lupa pasang filter untuk menyaring kotoran.
  1. Berikan Pakan dalam Jumlah Cukup
Sebagai makhluk hidup, ikan arwana membutuhkan makanan. Ikan arwana termasuk ikan predator yang memakan daging-dagingan. Beberapa contoh pakan yang bagus untuk ikan ini yaitu udang, jangkrik, dan cacing. Anda tentu ingin memberikan pakan yang banyak kepada ikan kesayangan ini. Tetapi pemberian pakan yang berlebihan kenyataannya justru dapat mengotori air dan mengakibatkan tercemar.
  1. Pastikan Ikan Merasa Nyaman
Siapa pun pasti akan merasa stres jika tinggal di tempat yang tidak nyaman. Maka dari itu, Anda harus menyediakan lingkungan yang nyaman sebagai tempat tinggal ikan ini. Kenyamanan tersebut bisa diwujudkan dengan menempatkan ikan di akuarium yang ukurannya tepat. Minimal panjang akuarium adalah tiga kali panjang tubuh ikan agar bisa berenang dengan leluasa.
  1. Buat Lingkungan Sekitar yang Tenang
Akuarium yang menjadi tempat pemeliharaan ikan arwana sebaiknya diletakkan di tempat yang tenang. Hindari tempat-tempat yang suasananya berisik. Lokasi tersebut biasanya berada di ruangan yang berbatasan langsung dengan jalan. Ikan arwana perlu mendapatkan suasana yang tenang supaya merasa nyaman. Tempat yang berisik, bising, atau terlalu ramai dengan mudah akan membuat ikan tersebut menjadi stres.
  1. Tutupi Akuarium dengan Kain Tebal
Khusus untuk ikan arwana yang baru Anda beli atau ikan arwana yang dipindahkan ke akuarium lainnya, ikan tersebut membutuhkan kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Kadang-kadang ikan akan memberontak saat baru dimasukkan ke akuarium karena merasa terancam. Untuk mencegahnya, Anda bisa menutupi seluruh dinding akuarium menggunakan kain tebal atau kertas koran.
  1. Segera Obati Ikan yang Sakit
Sebaik apa pun Anda merawat ikan arwana, suatu ketika ikan tersebut pasti akan terserang penyakit. Anda tidak boleh panik saat kondisi buruk ini terjadi. Segera beri pertolongan secara tepat dengan memberikan pengobatan sesuai gejala awal yang ditunjukkannya. Ikan yang sakit ini perlu mendapatkan perlakuan khusus sehingga terawat dengan baik dan tetap merasa nyaman.

0 Response to "Agar Ikan Arwana Tidak Stres, Begini Caranya!"

Posting Komentar