Cara Memindahkan Ikan Arwana ke Akuarium Lain

Ikan arwana biasanya dipelihara di dalam akuarium. Keindahan ikan ini akan terpancar kian sempurna manakala dilihat dari sisi samping. Perpaduan antara warna perak dengan semburat warna khas seperti kemerah-merahan, keemas-emasan, kehijau-hijauan, dan sebagainya tampak begitu menarik. Gerakan ikan arwana saat berenang yang lemah gemulai pun dapat dinikmati dengan leluasa jika ikan ini dipelihara di akuarium.
Soal pemilihan akuarium yang paling cocok, tangki yang berukuran besar jauh lebih baik daripada tangki yang ukurannya kecil. Minimal ukuran panjang akuarium ialah tiga kali panjang tubuh ikan arwana. Jadi apabila postur tubuh ikan arwana milik Anda sepanjang 30 cm, maka dibutuhkan akuarium dengan panjang minimal 90 cm agar ikan bisa merasa nyaman. Namun dengan bertambahnya ukuran ikan arwana tadi, Anda membutuhkan akuarium yang lebih panjang.
Ini artinya ada suatu masa ketika Anda harus membeli akuarium baru, lalu memindahkan ikan arwana dari akuarium lama ke akuarium baru tersebut. Di sinilah pentingnya pengetahuan tentang cara penanganan yang baik dan benar dalam memindahkan ikan arwana. Karena ikan yang dipindahkan secara asal-asalan cenderung akan mengalami stres. Hal ini menimbulkan masalah berkelanjutan seperti fisik ikan yang rusak karena terbentur.
cara-memindahkan-ikan-arwana.jpg
Kali ini kami akan mencoba berbagi tentang prosedur pemindahan ikan arwana yang aman dari satu akuarium ke akuarium lainnya.
  1. Disarankan memberikan pakan terlebih dahulu sampai ikan arwana benar-benar merasa kenyang sehingga dia merasa lebih nyaman. Selang 1-2 jam setelah pemberian pakan, proses pemindahan ikan tersebut bisa mulai dilaksanakan.
  2. Pastikan akuarium baru sudah dalam kondisi yang siap untuk menjadi tempat tinggal bagi ikan arwana. Anda mungkin perlu mengecek sekali lagi parameter air di dalamnya memang sudah sesuai kriteria bagi kehidupan ikan arwana.
  3. Untuk menangkap ikan arwana, Anda dilarang keras memakai serokan, jaring, atau semacamnya. Anda bisa menangkap ikan dengan aman menggunakan kantung plastik yang berukuran cukup besar sesuai postur ikan arwana.
  4. Caranya yaitu masukkan kantung plastik ke dalam akuarium lama tempat tinggal si arwana. Kemudian giringlah secara perlahan-lahan supaya ikan arwana mau memasuki kantung plastik. Perlu kehati-hatian agar ikan tidak meloncat.
  5. Setelah ikan arwana berhasil digiring masuk ke dalam kantung plastik, Anda bisa segera mengangkat plastik tersebut. Tambahkan oksigen bila perlu. Kemudian ikatlah bagian muka kantung plastik sehingga ikan lebih aman di dalamnya.
  6. Kami sarankan jangan langsung merilis ikan arwana ke akuarium baru. Anda perlu membantunya beradaptasi terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan kantung plastik yang berisi ikan arwana tadi ke akuarium baru.
  7. Biarkan ikan arwana tetap berada di dalam kantung plastik selama 30-60 menit. Tujuan dilakukan proses ini yaitu menyesuaikan suhu air di kantung plastik dengan suhu air di akuarium. Sehingga ikan pun menjadi tidak kaget dengan lingkungan barunya nanti.
  8. Setelah dirasa ikan arwana sudah cukup melakukan adaptasi, Anda bisa membuka tali pengikat kantung plastik. Biarkan ikan arwana berenang sendiri keluar dari kantung ini. Dengan begini, ikan pun telah berhasil pindah ke akuarium baru.

0 Response to "Cara Memindahkan Ikan Arwana ke Akuarium Lain"

Posting Komentar